WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Apel Kesiapan Bencana dan Latihan Walet Terampil di Lapangan Alun-Alun Subang

SUBANG, JMI -- Dalam rangka Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Latihan Walet Terampil Tk. Kabupaten Subang tahun 2019 di hadiri Bupati Subang H. Ruhimat s.p.d. bertempat di alun-alun Kabupaten Subang, Selasa (26/03/2019).

Acara tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Subang, Unsur Forkopimda Kab.Subang, Pj. Sekda Kab. Subang, Para Kepala OPD Kab. Subang, Para Kabag Setda Kab. Subang, Para Pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan Perbankan serta para ketua Ormas/LSM.

Laporan Kepala BPBD Kab. Subang Drs. H. Aminudin, menyampaikan Kabupaten Subang merupakan salah satu wilayah yang memiliki tingkat ancaman bencana tinggi, ancaman bencana di Kabupaten Subang begitu komplek diantaranya bencana longsor, angin puting beliung, banjir, banjir bandang, gunung berapi, kebakaran hutan, dan gagal teknologi. 

Kejadian bencana dari tahun 2017 sampai dengan bulan maret 2019 tercatat sebanyak 295 kejadian dengan rincian sebagai berikut : banjir 33 kejadian, longsor 63 kejadian, angin puting beliung 34 kejadian, pohon tumbang 54 kejadian, kebakaran 70 kejadian, jembatan amblas, rumah ambruk, orang tenggelam dan tanggul jebol 41 kejadian.

Maksud dan tujuannya diadakannya kegiatan ini untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan pemerintah daerah Kabupaten Subang dalam menghadapi bencana, mendorong partisipasi, kegotongroyongan, kerelawanan dan kedermawanan pemerintah daerah, masyarakat dan dunia usaha, mengurangi jumlah korban, kerusakan dan kerugian akibat bencana, sebagai perwujudan menuju ketangguhan bangsa dan negara.

Dalam sambutannya Bupati Subang menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh instansi yang telah mendukung dan terlibat, dengan terselenggaranya kegiatan ini menunjukan bahwa ada niat dan keinginan yang kuat untuk menuju subang jawara (Jaya, Istimewa, Sejahtera) terutama dalam program jawara raga dan jawara riksa melalui optimalisasi pelayanan terhadap korban bencana dan pemanfaatan dan pengendalian ruang berbasis resiko bencana.
Kabupaten Subang sesuai data indeks resiko bencana indonesia (IRBI) berada di peringkat 2 tingkat propinsi jawa barat dan peringkat 83 tingkat nasional. Saya berharap kedepan steak holder senantiasa tetap siaga dan bersinergi dalam menghadapi segala kemungkinan terjadinya bencana, namun kita harus sadar bahwa bencana tidak bisa diprediksi bisa datang kapanpun dan dimanapun.

Dilanjutkan dengan Penyerahan bantuan penanggulangan bencana alam Untuk Kec. Cijambe Rp.321.100.000 Kec. Kalijati Rp.266.700.000 Kec. Dawuan Rp.423.350.000 Kec. Serangpanjang Rp.42.745.000 Oleh Bupati Subang, H. Ruhimat Kepada Para Camat yang besangkutan. 

Penyerahan santunan kepada 132 anak yatim dan jompo yang berasal dari 8 kelurahan yg ada di wilayah Kabupaten Subang, oleh Kalak BPBD Kab.Subang didampingi Pimpinan PT. Dahana, pimpinan PT. Sariater, pimpinan Bank BJB, BRI, dan pimpinan PJT2 Subang. Dan demonstrasi oleh BPBD dan dinas kesehatan dalam pembuatan tenda gawat dan pertolongan pertama penanggulangan korban bencana.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Peringati HUT Ke 27 Kabupaten Tanggamus, Pemkab Tanggamus Laksanakan Upacara Bendera dan Ziarah Kubur di Taman Makam Pahlawan

TANGGAMUS, JMI - Pemkab Tanggamus laksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-27 bertempat di lapangan Merdeka, Kel...