WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Subang Berikan Bantuan ke 5 KUD di Wilayah Subang Utara dan Dorong Percepatan Normalisasi Sungai di Kecamatan Legonkulon

SUBANG, JMI - Secara simbolis Bupati Subang H. Ruhimat menyerahkan Bantuan benih ikan dan udang kepada lima Koperasi Unit Desa (KUD) di wilayah Subang utara yang dilaksanakan di Kecamatan Legonkulon, Kamis (16/09/2021).

Penyerahan bantuan benih ikan dan udang tersebut diberikan kepada 598 orang petambak yang berasal dari 5 KUD yang berasal dari Kecamatan Legonkulon, Kecamatan Sukasari dan Kecamatan Pusakanagara. Bantuan tersebut merupakan upaya pemerintah daerah dalam membantu masyarakat, khususnya para penambak yang dijadikan stimulan pemberdayaan ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid 19 di Kabupaten Subang.

Kepala Dinas Perikanan Rd. Maman Firmansyah, S.Sos, M.Si dalam laporannya menyampaikan kegiatan penyerahan benih ikan tersebut dilaksanakan di dua titik lokasi yaitu Desa Tegalurung dan Desa Pangarengan Kecamatan Legonkukon

Adapun daftar lima KUD penerima benih ikan dan udang tersebut yaitu :
Penyerahan dilokasi pertama di Desa Tegalurung 
- KUD Mina Karya Laksana Desa Tegalurung Kecamatan Legonkukon untuk komoditas udang Windu kepada 123 orang penerima dengan jumlah benih 1.230.000 benih (10.000 benih/orang)
- KUD Mina Jaya Desa Sukamaju Kecamatan Sukasari untuk komoditas bandeng 27 orang penerima dengan jumlah benih 70.200 ekor (2.600 ekor/orang), komoditas udang windu 30 orang penerima dengan jumlah benih 300.000 benih (10.000 benih/ekor).
- KUD Mina Laksana Desa Anggasari Kecamatan Sukasari untuk komoditas udang windu kepada 130 orang penerima dengan jumlah 130.000 benih (10.000 benih/orang).

Penyerahan dilokasi kedua di Desa Pangarengan
- KUD Mina Sinar Agung Desa Pangarengan kecamatan Legonkulon untuk komoditas Bandeng kepada 140 orang penerima dengan jumlah benih 364.000 ekor (2.600 ekor/orang), komoditas udang windu 22 orang penerima dengan jumlah benih 220.000 ekor (10.000 benih/orang), dan komoditas udang vaname 35 orang penerima dengan jumlah benih 368.040 ekor (10.515 benih/orang).
- KUD Mina Rukun Jaya Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara untuk komoditas bandeng kepada 34 orang penerima dengan jumlah benih 88.400 ekor (2.600 ekor/orang), komoditas udang windu 46 orang penerima dengan jumlah benih 460.000 ekor (10.000 benih/orang), dan komoditas udang vanname 11 orang penerima dengan jumlah benih 115.680 ekor (10.515 benih/orang)

Kepala Dinas Perikanan berharap bantuan komoditas tersebut bisa dimanfaatkan oleh pembudidaya dan KUD, karena kegiatan ini merupakan salah satu kepedulian Bupati dalam rangka menyejahterakan pembudidaya dan KUD di Wilayah Kecamatan Legonkulon.
Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan pula kegiatan serap aspirasi warga bertajuk Obrolan Bersama Kang Jimat (OMAT) yang di moderatori oleh Asda I H. Rahmat Effendi S.Sos, M.Si.

Menurut Sekda Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si kegiatan ini secara tersirat mengandung berbagai pesan moral, kemanusiaan dan motivasi yang juga menjadi bagian evaluasi untuk melahirkan prioritas program yang dijalankan untuk mendukung berbagai program pemerintah daerah.

Dalam diskusi serap aspirasi warga tersebut Kepala Desa Tegallurung mengapresiasi upaya pemerintah daerah Subang atas Bantuan yang diberikan ke masyarakat Subang utara untuk penanggulangan bencana banjir sebesar 3 Milyar yang digunakan untuk normalisasi berbagai Saluran air yang akan dimulai dari daerah muara. Ia juga mengatakan bahwa dibutuhkan bantuan alat berat untuk menunjang percepatan pengerukan saluran air. 

Menanggapi aspirasi warga Bupati Subang mengatakan bahwa alat berat untuk normalisasi sungai dalam 1 minggu akan tiba di kecamatan legonkulon dan terkait normalisasi sungai di daerah pantura, dirinya menegaskan akan dikerjakan tahun ini.

Terkait bantuan tersebut , Bupati Subang berharap berbagai bantuan benih ikan dan udang yang kini diberikan merupakan upaya pemerintah daerah untuk mendongkrak perekonomian warga serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama para petambak di Kabupaten Subang.

Selain bantuan dibahas pula terkait Percepatan pencairan anggaran, target alat berat yang diterjunkan dalam 1 minggu, perhatian DKUPP kepada KUD akan dikoordinasikan serta usulan perubahan beberapa titik kawasan di kecamatan Legonkulon dari yang sebelumnya kawasan LP2B menjadi kawasan industri.

Nampak hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP. PKK Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, Sekda Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si, ASDA I H. Rahmat Effendi, Kadis Perikanan Rd. Maman Firmansyah, Camat Legonkulon Drs. Aet Rudiantana S.IP, M.Si, Kades Tegalurung, Kades Pangarengan, kades Sukamaju, Kades Anggasari, Kades Patimban serta muspika Kecamatan Legonkulon.

AGUS HAMDAN/JMI/RED 
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Resmi Bertugas di Kejari Subang, Reza Ferdian Menjabat Kasi Inteljen Langsung Gelar Silaturahmi dengan Para Awak Media Subang

Subang, JMI – Bentuk sinergitas media dengan kejaksaan negeri Subang,kasi inteljen kejaksaan negeri Subang yang baru di lantik langsung me...