WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kapolres Cilacap Pimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Patuh Candi Tahun 2021

CILACAP, JMI - Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2021 Polres Cilacap di halaman Apel Sarja Arya Racana, Senin (20/9/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Cilacap Kompol Suryo Wibowo, Para Pejabat Utama, Kapolsek Jajaran, Perwira Staff serta Anggota Polres Cilacap.

Operasi patuh Candi Tahun 2021 melibatkan 104 Orang petugas yang terdiri dari Polri 64 Orang dan instansi lain 40 Orang terdiri dari Kodim 0703 Cilacap, Lanal Cilacap, Dishub dan Sat Pol PP Kabupaten Cilacap

Kapolres Cilacap mengungkapkan bahwa, Polri kembali menggelar Operasi Patuh 2021. Tetapi tahun ini berbeda karena tidak hanya menertibkan para pelanggar tapi juga protokol kesehatan. Operasi Patuh Candi tahun 2021 dengan tema “melalui Operasi Patuh-2021 kita tingkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 serta mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap”.

“Berbeda dengan operasi patuh candi pada tahun-tahun sebelumnya, tahun ini tidak berorientasi pada gakkum lantas / tilang namun seluruh giat diarahkan pada pola preemtif dan preventif yang berupa tindakan simpatik humanis kepada masyarakat dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada polri. Dengan mengedepankan metode preemtif dan preventif juga bertujuan untuk penurunan level ppkm di masing-masing wilayah,” terang Kapolres Cilacap.

Dalam operasi Patuh Candi 2021 kali ini menggunakan pola operasi yang awalnya 80% giat preemtif dan preventif serta 20% gakkum dirubah menjadi 100% tindakan simpatik dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada polri.

"Saat ini pemerintah masih terus berjuang menurunkan angka penyebaran covid-19 dengan berbagai kebijakan, antara lain pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan 6m (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama) dan percepatan pemberian vaksinasi," ucap Kapolres.

Kapolres membeberkan bahwa tujuan utama Operasi Patuh 2021 kali ini adalah untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, kelancaran serta ketertiban baik dalam berlalu lintas maupun dalam penerapan protokol kesehatan terkait penyebaran virus corona.

Kepada masyarakat Cilacap, Kapolres berpesan untuk selalu disiplin baik dalam berlalu lintas maupun dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Diharapkan dengan dilaksanakan operasi ini agar masyarakat selalu mematuhi aturan lalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan dalam rangka upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19. jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan, dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan," tandas Kapolres.

Asep S/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Peringati HUT Ke 27 Kabupaten Tanggamus, Pemkab Tanggamus Laksanakan Upacara Bendera dan Ziarah Kubur di Taman Makam Pahlawan

TANGGAMUS, JMI - Pemkab Tanggamus laksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-27 bertempat di lapangan Merdeka, Kel...