WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Grobogan Resmikan Proyek Program PISEW Kotaku 2021

GROBOGAN, JMI - Bupati Grobogan Hj Sri Sumarni SH MM membuka dan meresmikan Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU), Senin (29/11/2021). 

Bupati Grobogan yang didampingi beberapa pejabat dinas seperti Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Drs Siswanto MM serta  Camat Purwodadi Tondi Sumarjaka SH serta beberapa pimpinan OPD yang ada di Grobogan ikut mendampingi Bupati di lokasi kegiatan, termasuk Kades Nglobar

Anggaran untuk program PISEW tahap l yakni ada delapan kecamatan, diantaranya ,Grobogan, Karangrayung, Kedungjati, Toroh, Geyer, Kradenan, Gabus, dan Pulokulon dengan masing-masing alokasi Rp 600 juta.

Anggaran tahap ll PASIEW yakni Kecamatan Brati, Klambu, Godong, Gubug, Tegowanu, Tanggungharjo, Penawangan, Wirosari, Ngaringan

Sementara untuk program Kotaku mendapat kucuran anggaran Rp 7 Miliar untuk Kecamatan Purwodadi masing -masing yakni  Desa Genuksuran, Nambuhan, Nglobar, Pulorejo, Kuripan, Kalongan, dan Purwodadi dengan nilai 1 Miliar per desa.

Menurut Bupati Grobogan Sri Sumarni SH MM ,"Tujuan program ini  adalah untuk meningkatkan akses infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan juga untuk mendukung perwujudan pemukiman yang layak huni dan berkelanjutan,serta agar program ini bisa bermanfaat bagi warga sehingga dengan infrastruktur yang baik perekonomian juga meningkat," Jelas Bupati

Hal sama juga disampaikan oleh Camat Purwodadi Tondi bahwa program yang berasal dari kementrian ini diharapkan masyarakat bisa mengelola dengan baik. 

" Ketika bangunan yang sudah ada di desa saya berharap masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik, terutama kesadaran dalam memeliharanya," Jelas Camat. 

Untuk program kotaku yang ada di desa Nglobar Purwodadi digunakan untuk pembangunan jalan dan drainase sehingga kedepan akan membantu sapras masyarakat Nglobar ketika panen. 

Sedangkan program PISEW Bupati Grobogan meluangkan waktunya untuk meresmikan pasar desa yang ada di desa Putat dari kec Grobogan. 

Menurut keterangan Ka.Disperakim Grobogan Siswanto sebetulnya program dari kementerian pusat cukup banyak . 

Selain PISEW, KOTAKU ada juga Pamsimas yang berbasis pengelolaan air bersis untuk masyarakat yang semuanya ada Satker dan juga tenaga pendamping termasuk fasilitator tehnik (FT) dan fasilitator administrasi (FA). 

Siswanto juga menambahkan untuk Pamsimas desa yang mendapat kannya harus siap dengan dana pendamping. Punkas Kadisperakim

Heru Gunawan/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Sungai Cijurey Penyokong Pertanian di Majalengka

MAJALENGKA, JMI - Sungai Cijurey, yang melintasi wilayah Cibodas hingga Maja dan menyatu dengan Sungai Cilutung di Desa Bonang, Kecamatan ...