WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Trending Topik di Twitter #Yogyatidakaman, Wali Kota: Klithih Harus Dilawan!


Yogyakarta JMI,
Tagar #Yogyatidakaman dan #Srisultanyogyadaruratklithih jadi Trending Topik di Twitter. Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti pun mengajak semua orang tua untuk melawan klithih.

"Klithih harus kita lawan. Bagaimana? Ya pelaku yang sudah ada korban harus dihukum setimpal agar ada efek jera. Kemudian, orang tua kalau anaknya jam 12.00 malam belum pulang ya dicari. Punya anak jangan keluar malam," kata Haryadi, diwawancarai wartawan di Kantor DPRD Kota Yogyakarta, Selasa (28/12/2021).

Ia mengungkapkan, bersama dengan Forkompimda, terus mengintensifkan patroli. Tiap malam, tak hanya malam Sabtu dan Minggu, petugas gabungan dari Satpol PP, TNI, dan Polisi aktif melakukan patroli.

“Titik-titik mana saja yang sering menjadi sasaran Klithih sudah terpetakan. Petugas gabungan juga aktif melakukan patroli tidak hanya di malam utama," jelasnya.

Ia menambahkan penanganan klithih atau kekerasan oleh remaja di Yogyakarta tak hanya terbatas patroli saja. Penanganan sejak dari hulu ke hilir terus mereka lakukan. Di antaranya, dengan mengaktifkan keamanan di tingkat RT-RW dan kampung.

"Keamanan tingkat kampung ini sudah diaktifkan untuk memantau pergerakan anak-anak yang berpeluang menjadi Klithih atau sudah melakukan klithih," kata dia.

Dengan pemetaan tingkat hulu di masyarakat, kata Haryadi, sangat efektif untuk melakukan penanganan. Anak-anak yang berpotensi menjadi klithih bisa diantisipasi dengan mengingatkan orang tuanya.

"Ya kalau sudah Kriminal atau terlanjur harus ada hukuman efek jera. Alasan mereka belum cukup umur tidak relevan karena tindakan mereka sudah cukup umur," katanya.

Ia menambahkan pendampingan bagi pelaku agar tetap bisa menjadi lebih baik juga menjadi prioritas pemkot. Oleh karena itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak juga mendampingi anak korban broken home.

"Anak-anak seperti ini mendapatkan penanganan lebih. Agar mental mereka juga baik," dia menjelaskan.


Apa itu Klitih ?

Kata klitih adalah bentuk kata ulang yaitu klitah-klitih yang bermakna jalan bolak-balik agak kebingungan.

Hal tersebut berdasarkan Kamus Bahasa Jawa SA Mangunsuwito yang dijelaskan Pranowo pakar bahasa Jawa sekaligus Guru Besar Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta menjelaskan bahwa klithah-klithih masuk kategori dwilingga salin suara atau kata ulang berubah bunyi seperti pontang-panting dan mondar-mandir. Namun ia mengartikan klithah sebagai keluyuran yang tak jelas arah.

 ”Dulu, kata klithah-klithih sama sekali tidak ada unsur negatif, tapi sekarang dipakai untuk menunjuk aksi-aksi kekerasan dan kriminalitas. Katanya pun hanya dipakai sebagian, menjadi klithih atau nglithih yang maknanya cenderung negatif,” kata Pranowo.


Zahra SK/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Simpang Siur Informasi Antara DPR-RI Komisi X Dengan Pemda Bandar Lampung, GAMAPELA Minta KPK Turun Tangan

Bandar Lampung JMI, Perhatian masyarakat Bandar Lampung semakin meluas terkait polemik gaji guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...