WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Subang Bersama Dandim 0605 Subang Serta Ketua DPRD Subang Tinjau Lokasi Pengganti TPS Celeng Pamanukan

Subang JMI - Bupati Subang H. Ruhimat beserta Sekretaris Daerah dan Dandim 0605 Subang  serta ketua DPRD Subang meninjau lokasi pengganti TPS Celeng Pamanukan serta membuka Gorol (Kerja Bakti) pemindahan sampah yang berlokasi di sebelah Makam Santiong, 6 Januari 2022.

tanah pemda sudah dipakai patok
untuk awal, akan digunakan 0,5 Hektar

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Subang H. Hidayat  dalam sambutannyamenjelaskan, kerja bakti / gorol dalam pemindahan lokasi TPS ini untuk mengatasi pemasalahan TPS Celeng yang sudah melampaui batas kapasitas dalam menampung sampah, sehingga sudah masuk kategori darurat yang jika tidak segera ditangani akan menimbulkan kemacetan, kecelakaan, serta polusi udara dan lingkungan yang sudah mengganggu warga sekitar.

H. Hidayat menuturkan lokasi sementara pemindahan TPS ini menggunakan lahan milik Pemda, sesuai hasil rapat dengan BP4D, BKAD, dan PD terkait.

“Pada tahap awal akan menggunakan 0,5 Hektar untuk penampungan dan pengolahan sampah” Ujar H. Hidayat.

Bupati Subang H.Ruhimat dalam sambutannya mengucapkan apresiasi dan terima kasihnya terhadap masyarakat Pamanukan yang membantu gorol / kerja bakti, khususnya pada Bapak Oyong, seorang tokoh masyarakat Pasar Pantura yang telah membantu memfasilitasi pengurukan tanah. 
“Inilah bukti ucapan ‘Rakyat Subang Gotong Royong’ yang diimplementasikan oleh Warga Pamanukan”  Tutur H.Ruhimat dengan antusias.

H.Ruhimat menginginkan nantinya di lokasi tersebut juga digunakan sebagai bank sampah budidaya maggot, serta penggilingan sampah dari katardes dan warga setempat.

“Dua tahun ini kita bermasalah sampah, Insya Allah step by step perpindahan dari Panembong ke Jalupang, mulai hari ini kita akan mulai bersama-sama bergotong-royong” Imbuhnya..

Bupati Subang mengucapkan rasa terima kasih kepada pemimpin Subang di masa lalu yang telah menjadikan lahan tersebut sebagai aset Pemda.

“Apresiasi kepada Bupati di masa lalu sehingga hari ini bisa kita manfaatkan untuk TPS. Yuk kita gotong royong bertahap, salam saya untuk masyarakat Pamanukan, Pemda mengapresiasi sekali usaha ini” Tutup Bupati H.Ruhimat.

Selanjutnya, Bupati menginstruksikan Kepala DLH Subang untuk secara teknis mensosialisasikan kepada masyarakat untuk antisipasi masyarakat agar tidak lagi membuang sampah ke TPS Celeng.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Staf Ahli bidang SDM & Masyarakat, Kalak BPBD Kabupaten Subang, Camat Pamanukan, Muspika Pamanukan, Karang Taruna, dan masyarakat peserta gorol.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dalam Rangka Hari Bhayangkara yang ke 76, Bupati Subang Bersama Kapolres Subang Resmikan Rutilahu Program Polres Subang di Desa Tanjung Sari Barat

Subang JMI - Bupati Subang H. Ruhimat Bersama kapolres Subang AKBP.Sumarni.S.IK,SH,MH menghadiri peresmian Rumah Tidak Layak Hu...