WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Subang Dukung Penuh Dashboard Elektronik untuk Transparansi Terkait Serapan Anggaran, Pelayanan E-Government dan Bisa Lakukan Penilaian OPD Lebih Mudah

Subang JMI - Bupati Subang H. Ruhimat menerima presentasi dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Subang, terkait perkembangan Dashboard Electronic,Dalam kegiatan tersebut di hadiri sekertaris  Daerah kabupaten Subang, sekertaris BP4D, Kabag tata pemerintahan serta jajaran e-government DisKominfo Subang,Bertempat di Ruang Segitiga, Rumah Dinas Bupati. Jumat, 7 Januari 2022.

Dashboard ini sendiri merupakan tindak lanjut dari keinginan Bupati Subang terkait peningkatan pelayanan E-Government. Adapun tujuan dibuatnya dashboard elektronik untuk menjalankan program transparansi kepada publik salah satunya yaitu terkait serapan anggaran.

Kepala Dinas Komunikasi & Informasi Kabupaten Subang Mas Indra Subhan menyampaikan saat ini telah terdapat 4 dinas dari 30 dinas yang telah memberikan data untuk masuk di dalam Dashboard. Selain itu, bukan hanya Pemerintah, tapi masyarakatpun dapat mengakses dashboard yang tengah dikembangkan. "Ada dua publik yaitu publik bisa mengaksesnya melalui website setiap OPD dan melalui dasboard," lanjutnya.

Mas Indra juga menyampaikan bahwa Sukses dan tidak Dashboard ini tergantung data dan menyarankan untuk setiap dinas membuat tim untuk mengakselerasikan data tersebut kedalam dashboard. Ia berharap dengan perintah bupati melalui Sekda Subang seluruh OPD segera mengisi data pada dashboard sehingga April bisa terselesaikan.
Sekda Subang H Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., mengatakan dengan adanya dashboard tersebut sejalan dengan salah satu program Bupati yaitu transparansi. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa dengan adanya dashboard elektronik, Bupati bisa melakukan penilaian OPD lebih mudah.

Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi Kepala bidang layanan e-government Diskominfo Doan Pahlevi Endah terkait perkembangan menu dashboard seperti Investasi hingga serapan anggaran.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Subang H.ruhimat mendukung penuh atas pengembangan dashboard elektronik tersebut. Kang Jimat meminta sekda untuk memerintahkan seluruh OPD untuk dapat memberikan data untuk memenuhi kebutuhan dashboard. "Lakukan evaluasi kepada setiap OPD yang susah memberikan data," lanjutnya.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

FBR Unras Desak Holywings Citra 6 Kalideres di Tutup

Jakarta JMI, Forum Betawi Rempug (FBR) menggeruduk Holywings yang berada di perumahan Citra Garden 6 City  Kalideres Jakarta Barat, senin (...