WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

GMP RI 1 Adakan Acara Di Malam Pergantian Tahun


PariMo Sulteng JMI
, Momen di malam pergantian Tahun sudah menjadi tradisi bagi sebagian masyarakat indonesia untuk menyambutnya dengan berbagai kegiatan menyenangkan, ada yang berlibur ke tempat wisata local atau luar negeri ada pula yang sekedar berkumpul bersama teman dan keluarga. 

Di sisi lain ada sebagian masyarakat melakukan kegiatan yang bermanfaat dengan mendengarkan ceramah agama, membaca alquran, berdzikir, berdoa membaca yasin serta melakukan Ritual adat. Ritual adat dilakukan sepanjang tidak bertentangan dengan hukum agama untuk keselamatan diri pribadi, keluarga, masyarakat.

Task Force Garuda Macan Putih RI.1 selaku lembaga yang membantu dan bersinergi dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerinah Daerah terutama dibidang keamanan di Lingkungan dan selalu melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Bertempat di kantor Task Force Garuda Macan Putih RI.1 (GMP RI.1) Jl. Pasar Baru, Kel.Kampal,  Kab. Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, GMP RI 1 menggagas dan menggelar acara di malam pergantian Tahun baru 2022 bersama dengan Lembaga Dewan Adat Tadulako Sulawesi Tengah.

Task Force GMP RI.1 bersama Lembaga Dewan Adat Tadulako Sulawesi Tengah melaksanakan Ritual Adat Alam dan agama yakni prosesi adat serta membaca surat yasin dilanjutkan membaca doa selamatan untuk masyarakat (01/01/2022).

Acara tersebut dihadiri para tokoh adat tokoh agama para sesepuh dan anak cucu dari tadulako sulawesi tengah dan juga turut hadir pimpinan mandat Macan Putih RI.1.

Tak hanya di malam tahun baru adat dan membaca surat yasin merupakan kegiatan yang selalu dilakukan setiap malam jum’at selama tahun 2021 oleh lembaga Task Force GMP RI.1 bersama Lembaga Dewan Adat Tadulako Sulawesi Tengah.

Ketua Umum Lembaga Dewan Adat Tadulako Sulawesi Tengah Kab. Parigi Moutong Darwin membenarkan hal itu. Menurutnya kegiatan seperti ini perlu dilakukan karena kita sebagai masyarakat adat, beragama percaya adanya Tuhan Yang Maha Esa,adanya para Nabi, para wali, para malaikat, dan juga para leluhur kita, serta para pendiri Bangsa ini.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar dalam hidup dan kehidupan kita berjalan seiring seimbang antara adat dan agama serta Pemerintah. jika ketiga hal ini bisa di lakukan maka pasti segala apa yang menjadi cita cita leluhur bangsa dan negara ini dalam menuju kemerdekaan seutuhnya, Masyarakat Adil Makmur Berpancasila Berbhineka Tunggal Ika akan dengan mudah terwujud” ujarnya.

“Namun disisi lain masyarakat kita bahwa agama lah yang paling dikedepankan tanpa memperdulikan adat sopan santun, etika, serta kejujuran. Maka jangan heran jika bencana datang silih berganti baik itu bencana diri sendiri, keluarga serta dinegeri ini dan juga dibelahan dunia ini,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang anggota Task Force Indonesia untuk menjunjung tinggi adat istiadat leluhur, agama dan negara karena itu semua pedoman bagi kita hamba Tuhan yang kuasa.

 “Kami Task Force GMP RI.1 dan Lembaga dewan Adat Tadulako Sulawesi Tengah mengajak kita semua mari bersatu mewujudkan cita cita luhur bangsa ini menjadi masyarakat beradab dan beragama, menjaga persatuan, dan kesatuan bangsa menjaga toleransi antar umat beragama menghomati sesama mendukung program negara serta menghormati leluhur dan para pendiri Bangsa ini.“ ujar salah seorang anggota Task Force GMP RI 1

Selamat tinggal tahun 2021 selamat datang tahun 2022 semoga kehidupan ditahun 2022 ini lebih baik dari sebelumnya dan bertambah pula keimanan dan ketakwaan kita semua dan umat beragama, dengan tetap menjaga persatuan, toleran, damai serta hormat menghormati Antar suku bangsa dan agama.

  

Mardan JMI Red

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dugaan Perkikukan oleh Kades Pulutan Penawangan Hingga Saat Ini Masih Melenggang Belum Ada Kejelasan Secara Birokrasi Maupun Jerat Hukum

GROBOGAN JMI -Diketahui sebelumnya kasus dugaan perkikukan terbongkar, setelah warga sekitar Rt 01/Rw 03 desa Pulutan mengetahu...