WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Lockdown Lokal di DKI Jakarta Gara-Gara Omicron

Jakarta JMI Micro-lockdown atau Lockdown lokal diterapkan di RW 02, Krukut, Tamansari, Jakarta Barat, usai 36 warganya positif COVID-19, satu di antaranya dilaporkan suspek varian Omicron.

Puluhan warga di Krukut, Jakarta Barat terpapar Covid-19. Penemuan berawal ketika satu warga dinyatakan probable Omicron.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan seorang warga Krukut, Jakarta Barat yang pertama kali dinyatakan probable terpapar kasus varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau Omicron, tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. 

"Ini transmisi lokal karena berawal dari kasus, kasus yang pertama diketahui tidak mempunyai riwayat perjalanan dari luar negeri, berarti transmisi lokal," kata Dwi saat dihubungi, Senin (10/1/2022). 

Ia mengatakan, awalnya, warga yang probable Omicron itu bepergian pada awal Desember 2021 lalu. Kemudian di akhir Desember, mulai ada keluhan hingga akhirnya diperiksa.

"Kita mengenali Ibu R ini sebagai kasus yang pertama, tapi bisa jadi dia sebenarnya ketularan dari orang lain yang ada di lingkungannya, yang tidak terdeteksi, karena kalau Omicron kan gejala mayoritasnya ringan, enggak menyadari," ujarnya. 

Sebelumnya, puluhan warga di Krukut terpapar Covid-19. Penemuan berawal ketika satu warga dinyatakan probable Omicron. Pihak kelurahan pun melakukan penelusuran kontak. Awalnya didapatkan 13 orang positif setelah menjalani tes antigen. Kemudian, 13 orang itu dibawa ke Wisma Atlet untuk menjalani isolasi terkendali. 

Kini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mencatatkan 57 kasus transmisi lokal varian Omicron. Total kasus sebanyak 407 kasus di DKI Jakarta.

Faisal 6444/Red/JMI
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dugaan Perkikukan oleh Kades Pulutan Penawangan Hingga Saat Ini Masih Melenggang Belum Ada Kejelasan Secara Birokrasi Maupun Jerat Hukum

GROBOGAN JMI -Diketahui sebelumnya kasus dugaan perkikukan terbongkar, setelah warga sekitar Rt 01/Rw 03 desa Pulutan mengetahu...