WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Peresmian Gedung UPTD.LABKESDA Kab.Subang, Sumber Dana DAK Sebesar 8,8 Milyar

SUBANG JMI - Bupati Subang H.Ruhimat meresmikan  Gedung UPTD. Laboratorium Kesehatan Daerah  (LABKESDA), Dalam pembangunan gedung LABKESDA terdiri dari 2 lantai, pembangunan gedung LABKESDA  tersebut mencapai anggaran sebesar Rp. 8,8 Milyar  dengan sumber dana dari APBN,serta dilengkapi dengan peralatan di dalamnya senilai Rp. 1,3 Milyar.bertempat di Gedung LABKESDA kabupaten Subang,jln.kartawigenda Subang, Senin 31/1/2022.

Turut hadir dalam kegiatan peresmian gedung UPTD.LABKESDA kabupaten Subang di antaranya,, sekertaris daerah kabupaten Subang H Asep Nuroni, Asda satu bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Rahmat Ependi, Kapolres Subang AKBP.
SUMARNI.S.IK,SH,MH,ketua DPRD Subang H.Narca sukanda, perwakilan kodim 0605 Subang mayor.inf.yuyum rubiannsyah, perwakilan lanud Suryadarma, perwakilan Kejari Subang, perwakilan pengadilan negeri Subang, perwakilan  Danyonif 312 kala hitam Subang,ketua umum LABKESDA Indonesia, ketua LABKESDA provinsi dan ketua LABKESDA kabupaten Subang yang mewakili ,
camat Subang jajaran muspika Subang, para kepala puskesmas ,serta tamu undangan. 

Bupati Subang H.Ruhimat  dalam sambutannya berharap Peresmian UPTD. Labkesda kabupaten Subang tersebut bahwa pelayanan LABKESDA merupakan sarana penunjang untuk meningkatkan kualitas  dan pelayanan kesehatan di kabupaten Subang, dirinya menyampaikan,"
Saya atas nama pribadi serta pemerintahan mengucapkan terimakasih  serta apresiasi kepada kepala Dinas kesehatan kabupaten Subang beserta jajaran serta seluruh pihak yang terlibat atas pembangunan gedung UPTD.LABKESDA tersebut.

Pelayan laboratorium merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang di perlukan untuk penunjang upaya peningkatan kesehatan, pencegahan dan pengobatan serta pemulihan kesehatan, untuk menjadi pusat laboratorium atau sebagai laboratorium kroscek atau sebagai laboratorium pembina bagi puskesmas di kabupaten Subang, “Peningkatan sarana dan prasarana Labkesda harus dibarengi dengan peningkatan pelayanan dari para petugas kesehatan, sehingga dapat menghapus citra negatif akan pelayanan kesehatan yang buruk dimasyarakat” ucapnya

Lanjut Bupati bahwa Labkesda Subang tak hanya melayani kesehatan masyarakat tapi, juga melayani kesehatan dibidang industrialisasi.,"pungkasnya.
“Kedepan sektor industri juga bisa melakukan pengecekan limbah, air, tanah, zat kimia dan juga unsur kandungan makanan dan minuman yang diproduksi oleh sektor industri juga bisa di lakukan di Labkesda Subang” 

Dengan telah di bangunnya Gedung UPTD.LABKESDA kabupaten Subang kedepannya berharap dapat melayani masyarakat mengenai penanganan covid-19 kita tidak jauh-jauh pergi ke Bandung, untuk mengetahui hasilnya cukup tau  dan di cek di LABKESDA Subang saja,"pungkas Bupati Subang H.Ruhimat.

Di tempat terpisah usai peresmian gedung UPTD.LABKESDA kabupaten Subang, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr. Maxi mengatakan berdirinya Labkesda Subang bertujuan untuk membantu dan mempermudah akses masyarakat untuk
mendapatkan pelayanan pemeriksaan laboratorium kesehatan yaitu meliputi pemeriksaan laboratorium klinik, radiologi, laboratorium kesehatan masyarakat.

“Saat ini, ruang lingkup layanan Labkesda berupa Laboratorium Klinik, terdiri dari Laboratorium Patologi Klinik seperti pemeriksaan fungsi Jantung, fungsi Ginjal, Diabetes, fungsi Hati, Darah Lengkap, Urine Lengkap, Laboratorium Imunoserologi untuk pemeriksaan Anti HIV, CD4, DBD, Hepatitis A, B, C, Thypoid dll” ujarnya

 Maxi menambahkan selain itu,ada juga Laboratorium Mikrobiologi untuk pemeriksaan sektor industri yang ada di Subang

Dalam hal ini“Sektor industri bisa melakukan pemeriksaan Kultur dan Resistensi Antibiotik, Air Bersih, Minum dan Limbah, Uji Steril Pemeriksaan Angka Kuman Makanan & Minuman, Pemeriksaan Angka Kuman Bahan Industri Makanan”

Dr Maxi berharap  dan meminta dukungan dari semua pihak,atas pembangunan gedung LABKESDA , bahwa LABKESDA tersebut kedepannya akan bertransformasi menjadi Badan layanan umum Daerah (BLUD

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Lelang Khas Tanah Desa Sambung 2024 Penuh Dengan Antusias Warga

GROBOGAN, JMI - Dalam upaya memenuhi anggaran pandapatan dan belanja desa tahun 2024,Pemerintah Desa Sambung Kecamatan Godong K...