WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Menjelang Peringatan Hari Jadi Kab.Grobogan Ke 296, Bupati dan Wakil Bupati Ziarah Ke Makam Leluhur

GROBOGAN JMI - Dalam mengawali rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Kabupaten Grobogan ke 296 yang akan jatuh pada tanggal 4 Maret 2022 mendatang, Bupati dan Wakil Bupati melakukan ziarah ke makam leluhur yakni Ki Ageng Selo dan Ki Ageng Tarub keduanya berada di kecamatan Tawangharjo Grobogan dan makam Ki Ageng Getas Pendowo di Kuripan Purwodadi serta makam Bupati Grobogan yang pertama, Pangeran Adipati Puger di kecamatan Grobogan, pada Kamis (17/2/22).

Dalam acara ziarah tersebut terbagi kedalam 2 Tim dimana Tim I adalah Bupati Grobogan Hj.Sri Sumarni SH MM.beserta Ketua DPRD Agus Siswanto, Dandim 0717 Purwodadi dan Kajari M Iqbal SH MH, Camat Tawangharjo Mundakar serta OPD terkait, diikuti Kades Selo dan Kades Tarub. Sedangkan Tim II adalah Wakil Bupati dr. Bambang Pujiyanto MKes beserta Kapolres AKBP Benny Setyawadi, Ketua PN Purwodadi dan Ketua Pengadilan Agama beserta Kepala OPD terkait.

Dalam sambutannya Bupati Grobogan mengatakan ziarah ini bertujuan untuk mengenang jasa jasa leluhur kita khususnya dalam syiar agama dan sejarah berdirinya Kabupaten Grobogan.

Lebih jauh Bupati menyinggung hari jadi Kabupaten Grobogan jatuh pada Hari Senin Kliwon, 21 Jumadil akhir 1650 Saka atau 4 Maret 1726. Saat itu Susuhunan Amangkurat 4 mengangkat abdi dalemnya yang berjasa terhadap dirinya bernama Ngabehi Wongsodipo menjadi Bupati Monconagari Grobogan, dialah yang selanjutnya disebut Raden Tumenggung Martopuro atau lebih dikenal dengan sebutan Adipati Puger, yang saat ini makamnya berada di kecamatan Grobogan.

Melalui peringatan hari jadi Kabupaten Grobogan tahun ini, Bupati mengingatkan karena pandemi covid-19 masih berlangsung, agar seluruh masyarakat Grobogan tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Bupati berharap dengan peringatan hari jadi Grobogan ini, kita diajak untuk menjadikannya sebagai momentum saling bergandengan tangan , bergotong royong dan saling bahu membahu mensukseskan pembangunan di kabupaten Grobogan disegala bidang dalam rangka mewujudkan Grobogan yang lebih sejahtera, berdaya saing, beriman dan berbudaya.

Kegiatan peringatan hari jadi Kabupaten Grobogan tahun ini disamping ziarah, juga kegiatan resik resik kutha, kotmil Qur’an, prosesi adat kirab boyong Grobog, malam tirakatan, upacara hari jadi, bakti sosial, khitanan massal, pagelaran wayang kulit, dan Grobogan berdzikir. 

Heru 78/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

FBR Unras Desak Holywings Citra 6 Kalideres di Tutup

Jakarta JMI, Forum Betawi Rempug (FBR) menggeruduk Holywings yang berada di perumahan Citra Garden 6 City  Kalideres Jakarta Barat, senin (...