WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Desa Pasanggrahan Kampung Tajur, Purwakarta Raih Penghargaan Sebagai Desa Wisata


Purwakarta JMI
, Desa wisata adalah Desa yang dijadikan tempat wisata karena daya tarik yang dimilikinya. Desa wisata merupakan suatu bentuk intregrasi antara atraksi, akomodasi dan Fasititas pendukung yang dijadikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Seperti halnya kampung Tajur yang berada di Desa Pasanggrahan, Desa kec. Bojong, Kab. Purwakarta. Yang memenuhi unsur wisata yang memiliki potensi daya tarik diantaranya keindahan alam, wisata budaya, wisata buatan manusia dalam suatu kawasan  tertentu dengan di dukung oleh atraksi akomodasi dan fasilitas lainnya sesuai dengan kreativitas lokal.

Desa wisata seluruhnya terintregitas semua unsur di dalam Desa untuk meningkatkan ke unikan dan kearifan lokal sebagai pariwisata.

Kampung Tajur adalah sebagai Desa wisata yg berkembang pada 2021telah mendapatkan penghargaan 100 besar Desa wisata terbaik Tingkat Nasional sebagai Desa Binaan Kemenpankraf RI,pada ajang Anugrah Desa Wisata Indonesia ADWI 2021 yg di selenggarakan oleh kementerian pariwisata dan Ekonim kreatif  Republik Indonesia.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan ia mewakili kementrian pariwisata dan kreatif menyerahkan piagam penghargaan untuk Desa Pasanggrahan Kecamatan Bojong menetapkan sebagai Desa wisata oleh kementrian pariwisata dan kreatif,

“Tentu hal ini menjadikan sebuah kebagggaan saya selaku Bupati beserta jajaran pemerintahan Kabupaten Purwakarta menyampaikan apreseasi yg setinggi-tingginya terhadap jajaran dan seluruh masyarakat Desa Pasanggrahan selaku pengelola” kata Anne.

Di sela penyerahan piagam di bale Nagri Senin (21/03/2022).

Ada dua piagam yang diberikan pertama  piagam yg di berikan kepada pemerintahan Desa dan kedua ke pengelola wisata.

Di Desa ini terpenuhi semua unsur wisata yg memulihkan daya tarik wisata alam,budaya dan wisata buatan dalam kawasan tertentu terdapat empat klasifikasi yg d dasarkan dari jumlah pengunjung ,industri pariwisata yg berkmbang kesiapan skill dan sumber daya manusia SDM.

Di versitivikasi produk dan aktivitas wisata suatu amenitas pariwisata.dlm empat klasifikasi trsebut yaitu Desa wisata rintisan Desa wisata Berkembang dan Desa wisata mandiri.

Ajang pemberian pengahragaan kepada Desa wisata yg memiliki prestasi berdasarkan tujuh  katagori penilaian antara lain

Penerapan Cleanliness Kebersihan ,Healty Kesehatan,safety Keamanan dan Environment suatainability Kelestarian lingkungan atau CHSE.

Desa wisata kampung tajur Desa Pasanggrahan Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta berhasil masik 100 besar dari 1.831 Desa Wisata yg tersebar di seluruh Indonesia.

Harapannya agar menjadikan Desa pariwisata berkelas  dunia yang dapat berdaya saing tinggi sehingga berdampak kemajuan Desa agar dapat meningkatkan pendapatan masyarkat yangg lebih baik.

 

Asep Nurdin/JMI/Red.


Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

BBWS Citarum Pembangunan TPT Diduga Terkesan Tidak Transparan dan Patut di Pertanyakan.

Subang JMI, kementerian PUPR, melalui direktorat sumberdaya Air Balai besar Wilayah Sungai (BBWS) citarum melaksanakan pengerjaan proyek pe...