WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Hari Jadi Ke-25, Pemkab Tanggamus Gelar Ziarah Makam Pahlawan dan Doa Bersama

TANGGAMUS, JMI - Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Kabupaten Tanggamus ke-25 Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus menggelar Ziarah Makam Pahlawan dan Doa Bersama di Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah, Senin, (21/3/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M, Wakil Bupati, Hi. A.M Syafi'i, S.Ag, Sekretaris Daerah, Drs. Hamid Heriansyah Lubis, M.Si, Forkopimda, perwakilan Anggota DPRD, BPN Tanggamus, Para Asisten, Para OPD, Kabag.

Turut hadir secara Virtual Ketua MUI dan Ketua BAZNAS Kabupaten Tanggamus, Ketua dan Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tanggamus, Para Camat dan Ketua PKK Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus, Ketua APDESI, Para Kepala Pekon dan Aparat Pekon se-Kabupaten Tanggamus, Pimpinan Gereja Santo Pius Gisting, Pimpinan Gereja PGI Gisting, Pimpinan Pure Pekon Kalirejo Kecamatan Wonosobo, Pimpinan Wihara Kecamatan Kotaagung, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, 
Tokoh Pemuda, Insan Pers dan Unsur Ormas se-Kabupaten Tanggamus, Para Umat Islam, Umat Katolik, Umat Protestan, Umat Hindu dan Umat Budha serta Warga Masyarakat Tanggamus.

Bupati Hj. Dewi Handajani dalam sambutannya menyampaikan, atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, saya ucapkan Selamat Ulang Tahun Ke-25 Kabupaten Tanggamus. 

Tema Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tanggamus kali ini, adalah: “Wujudkan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan Melalui Masyarakat yang Sehat, Inovatif, Berdaya Saing dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Tanggamus dengan segala keadaan dan keterbatasan terus berusaha memberikan yang terbaik bagi warga masyarakat. Kabupaten Tanggamus berhasil meraih Prestasi dan Penghargaan dan membawa nama harum Kabupaten Tanggamus, diantaranya :
1. Meraih opini WTP. Kabupaten Tanggamus telah meraih 6 kali Raihan WTP dari BPK, yaitu Tahun 2015, 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021.

2. Juara Umum 5 kali berturut-turut MTQ Tingkat Provinsi Lampung.

3. Meraih penghargaan Kabupaten Cukup Peduli HAM Tingkat Nasional, 3 tahun berturut-turut (2019-2021).

4. Meraih Penghargaan Manggala Karya KencanaTahun 2021, dari BKKBN.

5.Tanggamus telah ditetapkan sebagai Kabupaten Layak Anak pada tahun 2021 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak.

6. Meraih Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021.

7. Meraih Top pembina BUMD award pada tahun 2020 dan 2021.

8. Meraih Penghargaan Tribun Lampung Award, sebagai Kepala daerah dan BUMN yang telah membuat program Pro-Rakyat dalam penanganan Covid-19.

9. Meraih penghargaan Program Kampung Iklim Utama dari Kementerian LHK yang diraih Pekon Ngarip.

10. Meraih penghargaan Kepala Daerah sebagai Pembina Proklim Utama.

11. Tanggamus ditetapkan sebagai Kabupaten Literasi.

12. Predikat "B" SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dari Kementerian PAN RB.

13. Menerima Penghargaan Kabupaten TERINOVATIF pada acara Innovative Goverment Award dari Kemendagri.

14. Meraih predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 dari Ombudsman RI, serta masih banyak lagi penghargaan lainnya.
Kemudian beberapa Capaian Program 55 Aksi yang dapat kami sampaikan, diantaranya :

1. Dalam Program Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur'an, setiap tahun melaksanakan Gebyar TPA, MTQ Tingkat SD/SMP, Gebyar Anak Sholeh, MTQ KORPRI, Gebyar TPQ dan lain-lain.

2. Setiap Tahun memberikan Insentif dan bantuan operasional bagi Guru Ngaji (302 orang), Majelis Taklim (1800 Kelompok), Marbot (1000 orang), Penceramah (302 orang), dan P3N (35 orang).

3. Setiap tahun memberikan bantuan renovasi dan pembangunan Tempat Ibadah, Pondok Pesantren, TPA dan lain-lain. Pada setiap Safari Ramadhan, diberikan kepada 20 Masjid dan 60 Musholla. Dengan total anggaran Rp.1,12 Milyar.

4. Memberikan bantuan kepada UMKM, KWT dan terus membentuk Sai Pekon Sai Produk.

5. Sampai saat ini Program Ambulans Pekon telah terealisasi 298 Ambulans Pekon dari 299 Pekon yang ada se-Kabupaten Tanggamus.

6. Sampai saat ini seluruh 17 unit Puskesmas Rawat Inap di Tanggamus telah terpasang alat USG.

7. Peningkatan layanan Home Care dan Layanan kesehatan Lansia dimana telah tercetak 8.430 buah Kartu Lansia ditahun 2021.

8. Kegiatan Jum’at Bedah Rumah Tidak Layak Huni. Dilakukan pemugaran sebanyak 140 rumah bersumber APBD dan 840 rumah bersumber APBN.

10. Revitalisasi BUMD telah dilaksanakan kepada 3 BUMD yaitu BPR Syari’ah Tanggamus, PT. Aneka Usaha Tanggamus Jaya dan PDAM Way Agung.

11. Pembangunan Stadion Gelora Tanggamus, telah rampung dilaksanakan dan akan kita resmikan.

12. Penambahan 2 Unit Mobil e-KTP Keliling.

13. Telah Meningkatkan Insentif Bagi Tenaga Non ASN Bidang Pendidikan, yaitu Guru Sekolah Negeri (1.549 Orang), Staf Sekolah Negeri (794 Orang), Guru Honor Murni (1.727 Orang).

14. Peningkatan Bantuan Operasional dan Insentif Tendik PAUD dan Tenaga Kependidikan, untuk Guru PAUD (1.229 Orang).

15. Peningkatan Bantuan Operasional Posyandu dan Kader Posyandu serta meningkatkan pembinaan/pelatihan kader Posyandu Balita dan kader Lansia. Setiap tahun dibayarkan Insentif kepada 4.888 kader dengan total anggaran Rp.2,59 Milyar dan lain sebagainya.

Pada kesempatan yang baik ini, saya juga mengajak saudara-saudara semuanya untuk bersama sama membangun kehidupan bermasyarakat ke arah yang lebih baik.

ADV/ROBI/JMI/RED 
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jalan Penghubung Butuh Perhatian PemKab dan PemProv Gorontalo

Gorontalo JMI , Masyarakat Paguyaman Pantai, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo mengeluhkan dari tahun ketahun bahkan sampai dengan saat ...