WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kedatangan Presiden Jokowi di Pelabuhan Patimban, Optimisme Pertumbuhan Ekonomi Subang di Masa Depan

Subang JMI - Kedatangan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo yang tengah melaksanakan kunjungan kerja ke Pelabuhan internasional Patimban di sambut langsung oleh Bupati Subang H.Ruhimat beserta forkopimda kabupaten Subang ,  Bertempat di pelabuhan internasional Patimban Subang,Jawa barat , pada Selasa 8/02/2022.

Dalam Kunjungannya tersebut presiden RI ir.joko widodo dalam rangka pelaksanaan untuk memantau pelepasan ekspor dari Pelabuhan Patimban. Kendaraan completely build up (CBU) yang diekspor melalui Pelabuhan Patimban mencapai 24ribu unit pada kurun waktu 17 Desember 2021 - 8 Maret 2022. 

Presiden Jokowi mengutarakan rasa optimisnya terhadap kegiatan ekspor kendaraan melalui Car Terminal Pelabuhan Patimban, Presiden berharap ekspor akan terus meningkat ke depannya. “Sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor kurang lebih 160 ribu kendaraan per tahun. Tetapi melihat progress 3 (tiga) bulan ini, bisa naik menjadi 180 ribu kendaraan per tahun,” Tutur Presiden.

Menteri Perhubungan RI Ir. Budi Karya Sumadi dalam kesempatan yang sama mengungkapkan keberadaan Pelabuhan Patimban nantinya  akan bersinergi dengan Pelabuhan Priok menjadi Hub baru yang besar. 

“Visinya adalah bagaimana kita membuat suatu titik baru kegiatan ekspor selain di Priok yang memiliki masalah kemacetan. Dengan makin banyaknya kegiatan ekspor, maka diharapkan terjadi pertumbuhan ekonomi,” ungkap Menhub.

Menhub menambahkan, pada tahun 2027,  Pelabuhan Patimban ditargetkan akan memiliki kapasitas yang sama dengan Priok yaitu kapasitas sekitar 7.5 Juta TEUs peti kemas atau kontainer dan 600 ribu kendaraan per tahun.
“Jadi pelabuhan kita siapkan, pendukung industri kendaraannya juga disiapkan. InsaAllah 2027 kita leading di Asia Tenggara,” Tutur Menhub.

Selaras dengan sambutan dari Presiden dan Menhub, Bupati Subang yang akrab disapa Kang Jimat mengungkapkan pihaknya tengah menggencarkan program pembangungan di Kabupaten Subang. Dirinya meyakini Pelabuhan Patimban harus disokong dengan infrastruktur yang memadai untuk keberlangsungan proses bisnis di Pelabuhan Patimban.

Bupati Subang H.Ruhimat  dalam kesempatan yang sama menyampaikan rasa bangga dan optimisme atas hadirnya Patimban di Kabupaten Subang. Dirinya menyampaikan, bahwa dengan adanya Patimban, Kang Jimat yakin akan memberikan dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat. "Sebuah optimisme sendiri, ini akan menumbuhkan ekonomi di Kabupaten Subang" Ungkap  Bupati Subang.

Beberapa program inisiatif yang dilakukan oleh pasangan Jimat-Akur bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Subang yang, sudah, sedang dan akan dilaksanakan diantaranya pembangunan Jalan Lingkar Cagak, Cipendeuy-Serangpanjang, Cilamaya-Patimban, Rencana pembangunan lingkar Kota Subang dan program strategis lainnya. Pembangunan tersebut kini diantaranya telah masuk ke dalam Perpres No. 87 Tahun 2021 yang pembangunannya dibiayai oleh Pemerintah Pusat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Forkopimda Provinsi Jawa Barat, Forkopimda Kabupaten Subang, Perwakilan dari DJPL KSOP Kelas II Patimban, Kemenhub, dan Kemensetneg.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KPU Subang Buka Sayembara, Umumkan Pembuatan Maskot dan Jingle Pilkada 2024, Berikut Ini Ketentuan dan Syaratnya

Subang, JMI – Komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Subang mengadakan sayembara pembuatan maskot dan jingle pemilihan Bupati da...