WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

BPBD Kabupaten Grobogan Luncurkan Program Terobosan Gema Utama dan Sigana

GROBOGAN JMI - Setelah diawali dengan kegiatan baik sosialisasi dan simulasi penanggulangan bencana yang menarik perhatian warga Grobogan beberapa waktu lalu, akhirnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan meluncurkan program unggulan Gema Utama dan Sigana. Peluncuran program inovatif tersebut dilakukan Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni, SH., MM bertempat di gedung Riptaloka Setda Grobogan, Rabu (11/5/22).

Hadir dalam acara tersebut selain Bupati, juga Forkompinda, Kepala Pelaksana BPBD Grobogan serta Ka OPD terkait. Program Gema Utama dan Sigana ini merupakan program strategi respon cepat dan terintegrasi dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Grobogan.

Kepala Pelaksana BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih, ST., MT kepada awak media menjelaskan program terobosan yang diluncurkan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam penanggulangan bencana dan kecepatan dalam memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak bencana, sehingga masyarakat yang terdampak tersebut memperoleh perasaan yang tenang dan aman karena adanya pelayanan yang baik dalam penanganan bencana.
Kata Endang, bila masyarakat menemui bencana atau musibah di wilayah Kabupaten Grobogan, bisa melapor di panggilan 112 atau aplikasi berbasis Android “Sigana Grobogan”. Untuk memasyarakatkan program Gema Utama dan Sigana itu, saat ini BPBD Grobogan memasang hastag #Grobogan Tangguh # Siap Untuk Selamat.

Terpisah, Joko(65) warga Sambak Indah kecamatan Purwodadi kab Grobogan mengaku senang sekaligus bangga dengan adanya program terobosan BPBD Grobogan karena keberadaannya memudahkan akses informasi dan bantuan sosial kepada masyarakat yang terkena bencana “Wah, dengan Call 112 itu, masyarakat semakin mudah untuk menginforrmasikan adanya bencana dan juga sekaligus kecepatan pemberian bantuan sosialnya” ucap Joko Komentar yang sama juga datang dari Martin PMI Grobogan yang setiap waktu selalu bergelut dengan hal bantuan dalam penanggulangan bencana seperti banjir, kekeringan, tanah longsor, angin puting beliung “Siip sekarang BPBD Grobogan sudah memiliki nomor panggilan 112, bila ada bencana alam, masyarakat pasti sudah siap” kata Martin.

Heru Gunawan/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Kapolresta Tangerang Beri Bantuan Sembako Kepada Masyarakat yang Kurang Mampu

TANGERANG, JMI - Sebagai upaya membantu masyarakat kurang mampu, Kapolresta Tangerang  Kombes Pol Baktiar Joko Mujiono, S.I.K,....