WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Lurah Talun Sapa Warga Sekaligus Penilaian Lomba Kreasi Wadah Runtah


Sumedang JMI
-Dalam rangka penilaian lomba kreasi wadah runtah dan kebersihan yang merupakan bagian dari program Talun Bebetah, Lurah Talun pada hari Jum'at 20 Mei 2022 bersama Tim penilai mengunjungi wilayah RW 02 untuk melakukan penilaian sekaligus lakukan kegiatan sapa warga.

Permasalahan sampah di wilayah perkotaan memang sering menjadi momok yang sulit untuk diselesaikan khususnya dalam mengatasi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah, namun Rinny Mulyati,M.Si. Lurah Talun Kecamatan Sumedang Utara mempunyai jurus jitu untuk menangani persoalan sampah dan pencemaran lingkungan khususnya air sungai Cipeles yang melintasi wilayah kelurahan Talun dengan meluncurkan program Talun Bebetah.

Program Talun Bebetah yang merupakan singkatan dari Talun beresih bebas runtah ini sejak diluncurkan beberapa waktu yang lalu langsung mendapatkan dukungan dari seluruh warga kelurahan Talun, terlebih dengan adanya incenerator untuk pembakaran sampah , Lurah Talun bersama seluruh unsur pemerintahan juga aktif bergerak turun ke masyarakat memberikan edukasi tentang pengolahan serta pemilahan jenis sampah, sehingga sejak mulai digulirkan sampah di wilayah Kelurahan Talun dapat teratasi oleh masing masing RW dan menghasilkan pundi rupiah dari pupuk hasil pengolahan sampah warga.


Rinny Mulyati,M.Si. Lurah Talun menjelaskan, Hari Jum'at kemarin saya bersama tim penilai sudah mengunjungi wilayah RW 02 untuk melakukan penilaian dalam rangka lomba kreasi wadah runtah dan kebersihan, Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan, masyarakat di lingkungan RW 02 sudah bisa memilah jenis sampah serta sangat peduli akan kebersihan lingkungan.

"Sejak digulirkan program Talun Bebetah, dengan dukungan seluruh warga masyarakat, kebersihan lingkungan serta sampah di kelurahan Talun dapat teratasi dengan baik " Ucapnya.Sabtu.21 Mei 2022.

Lebih lanjut Rinny Mulyati menjelaskan, Letak geografis Kelurahan Talun yang berada di pusat kota Sumedang serta dilintasi aliran sungai Cipeles dalam penanggulangan Permasalahan pencemaran lingkungan, Kelurahan Talun juga mengadakan lomba penataan wilayah bantaran sungai serta penanaman bibit ikan di sungai Cipeles, sehingga perlahan tapi pasti sepanjang bantaran sungai di kelurahan Talun menjadi lebih indah dipandang.

 "Dalam kaitan dengan lomba kreasi wadah runtah dan kebersihan yang sekarang sedang berjalan, saya secara pribadi telah menyiapkan reward untuk juara lomba, namun janganlah melihat dari hadiah yang akan diperebutkan oleh peserta lomba , namun kita ambil hikmahnya, dimana sekarang wilayah kelurahan Talun sudah bersih dari runtah sehingga menciptakan suasana nyaman bagi seluruh masyarakat " Pungkasnya.


Sumarno/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Wakili Majalengka, TP PKK Desa Pagandon Masuk Nominasi 6 Besar Tingkat Jawa Barat

MAJALENGKA, JMI - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di Kabupaten Majalengka tercatat sudah beberap...