WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Terpilih Menjadi Ketua DSI DKI Jakarta, Sarmilih Berharap dapat Membantu Masyarakat dalam Restorative Justice

JAKARTA JMI, Pengambilan sumpah dan pelantikan 40 anggota dan pengurus Dewan Sengketa Indonesia (DSI) yang  diadakan di hotel Grand Cempaka di Jl. Letjen Suprapto No.1, Kelurahan Cempaka Putih Bararat, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin siang (30/5/2022).

DSI adalah Mediator, Arbiter, Ajudikator dan Konsiliator yang memiliki fungsi menyediakan layanan alternatif penyelesaian sengketa. Jadi kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan penyelesaian sengketa dengan prosedur mediasi, ajudikasi, arbitrase, konsiliasi dapat mengajukan permohonan kepada DSI. Sengketa yang dapat diselesaikan di DSI adalah sengketa-sengketa terkait Perdata dan Pidana dalam rangka Restorative Justice.

Dalam jumpa Pers, Sarmilih mengatakan kondisi di jakarta saat ini sangat krodit karena banyaknya kasus yang belum terselesaikan jadi kehadiran DSI dapat membantu masyarakat sekaligus membantu meringankan beban pemerintah. 

"Alhamdulillah saya terpilih menjadi ketua Dewan Sengketa Indonesia untuk wilayah DKI Jakarta, saat ini di jakarta sangat krodit kondisinya dalam menangani kasus yang sangat banyak, jadi nantinya DSI akan membantu dalam menyelesaikan kasus yang ada di DKI," kata Sarmilih. 

Kedepannya DSI akan melakukan Audensi ke pihak kepolisian baik tingkat Polda, polres, polsek, Kejaksaan Tinggi DKI jakarta.

"Kita akan menjelaskan tentang DSI tentang fungsi dan manfaatnya. Karena memang adanya kebutuhan masyarakat untuk pelayanan hukum," kata ketua DSI Jakarta.

Ketua umum DSI Sabela Gayo mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian melalui Kabareskrim sudah menyampaikan tentang DSI. 

"Di setiap acara pengambilan sumpah dan penandatanganan fakta integritas kita selalu mengundang pihak Kepolisian, Kejaksaan Tinggi, Pengadilan Tinggi, dan Pemerintah daerah setempat," kata Ketua umum DSI Sabela Gayo.

Pada siang itu ada 40 orang yang diambil sumpahnya dan menandatangani Fakta integritas. 32 orang mediator, sisanya adalah arbiter, ajudikator dan konsiliator. Para anggota DSI mendapat sertifikat dari Arbiter Chartered Institute London.

Faisal 6444/Red/JMI
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KPU Subang Buka Sayembara, Umumkan Pembuatan Maskot dan Jingle Pilkada 2024, Berikut Ini Ketentuan dan Syaratnya

Subang, JMI – Komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Subang mengadakan sayembara pembuatan maskot dan jingle pemilihan Bupati da...