WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

China Akan Meluncurkan Misi Pengambilan Sampel Asteroid Tianwen “2” Pada Tahun 2025

  Ilustrasi Pesawat Tianwen Mendarat Di Salah Satu Planet. Gambar;Sindonews 

JAKARTA, JMI –

China berencana untuk meluncurkan upaya eksplorasi ruang angkasa dalam yang kedua pada 2025. Hal tersebut disampaikan kepala perancang misi Tianwen 1 Mars negara itu.

Zhang Rongqiao mengatakan kepada China Central Television pada 13 Mei bahwa penyelidikan asteroid Tianwen 2 telah memasuki tahap pengembangan teknik.

“Komponen sedang menjalani pengujian komprehensif,” kata Zhang, berbicara satu hari sebelum peringatan satu tahun pendaratan penjelajah (rover) Zhurong Mars China, bagian dari misi Tianwen 1.

“Kami bergerak maju sesuai jadwal dan berharap untuk meluncurkannya pada 2025,” ujarnya, dilansir dari Space, Rabu (18/5/2022).

Tianwen 1 adalah langkah besar bagi China; itu adalah misi antar planet pertama yang sepenuhnya tumbuh di dalam negeri itu dan melakukan pendaratan pertama China di planet lain. Namun tindak lanjutnya juga akan kompleks dan menantang.

Misi Tianwen 2 10 tahun lebih pertama akan menargetkan asteroid kecil dekat Bumi Kamo’oalewa, yang sebenarnya mungkin merupakan bagian dari bulan Bumi yang meledak.

Pesawat ruang angkasa akan mengumpulkan sampel dari batu ruang angkasa menggunakan teknik sentuh-dan-pergi (touch-and-go) mirip dengan yang ditunjukkan oleh Hayabusa 2 Jepang dan probe asteroid OSIRIS-Rex NASA.

Tianwen 2 juga akan mencoba metode jangkar dan pasang yang belum pernah terjadi sebelumnya, menggunakan empat lengan robot untuk mendarat di Kamo’oalewa, dengan latihan pada lengan yang mengamankan probe ke permukaan asteroid selebar 40 meter.

Tianwen 2 diperkirakan akan kembali ke Bumi lebih dari dua tahun setelah diluncurkan, menurunkan kargonya yang tak ternilai.

Tapi itu tidak akan menjadi akhir dari misi. Setelah pelepasan kapsul masuknya kembali, Tianwen 2 akan menggunakan gravitasi Bumi untuk membantu mendorongnya keluar menuju peninggalan kuno tata surya lainnya: sebuah “asteroid aktif”, sebuah objek dengan sifat asteroid dan komet. (Asteroid aktif dulunya dikenal sebagai komet sabut utama, tetapi istilah itu akhir-akhir ini tidak lagi populer karena komposisinya cenderung lebih mirip asteroid.)

Pesawat ruang angkasa akan memulai perjalanan sekitar tujuh tahun ke 311P/PANSTARRS. Sesampai di sana, ia akan mengorbit dan menganalisis objek menggunakan berbagai kamera dan spektrometer untuk mengumpulkan wawasan tentang pertanyaan-pertanyaan seperti misteri sumber air Bumi.

Lembaga Penelitian Luar Angkasa dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia juga akan terlibat dalam fase asteroid aktif dari misi tersebut. Lembaga ini dipilih untuk menyediakan detektor partikel dan angin matahari menyusul seruan 2019 untuk proposal yang diumumkan oleh Badan Antariksa Nasional China (CNSA).

Konsep misi telah berubah sejak proposal awal ditawarkan pada akhir dekade terakhir. Awalnya, pesawat ruang angkasa akan mengunjungi asteroid aktif 133P/Elst-Pizarro setelah fase pengambilan sampelnya. Memilih objek target kedua kemungkinan bergantung pada kapan pesawat ruang angkasa akan diluncurkan.

Misi tersebut juga untuk sementara diberi nama "Zheng He" setelah seorang penjelajah angkatan laut China yang terkenal pada awal 1400-an, dengan nama yang membangkitkan prestasi eksplorasi bersejarah saat China memulai ekspedisi baru ke luar angkasa.

Lebih jauh ke depan, Tianwen 3, yang saat ini dijadwalkan untuk diluncurkan pada tahun 2028, akan berusaha mengumpulkan sampel dari Mars dan mengirimkannya ke Bumi, sementara Tianwen 4 akan mengirim penyelidikan ke Jupiter, menurut CCTV+.


Sumber : Republika.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KPU Subang Buka Sayembara, Umumkan Pembuatan Maskot dan Jingle Pilkada 2024, Berikut Ini Ketentuan dan Syaratnya

Subang, JMI – Komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Subang mengadakan sayembara pembuatan maskot dan jingle pemilihan Bupati da...