WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pembukaan TPS Jalitri Di Area Eks Pasar Panjang Subang.


Subang JMI
, Pembukaan TPS Jalitri Kecamatan Subang, Bertempat di eks area Pasar Impres Subang/Pasar panjang Subang. Di hadiri Asisten daerah 1 bidang pemerintahan dan kesejahteraan kabupaten Subang serta muspika Subang, Plt. Camat Subang, jajaran dinas lingkungan hidup kabupaten Subang, Lurah sekecamatan Subang dan jajaran Babinsa. Jumat (17/06/22).

ASDA I yang hadir mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Subang Rahmat Effendy dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Jalitri ini merupakan TPS pengganti bagi TPS-TPS yang ada di pinggir jalan raya yang selama ini menjadi TPS bagi masyarakat sekitar. 

"TPS-TPS yang berada di pinggir jalan tersebut akan di tutup karena nilai estetika kurang baik untuk kebersihan kota. Selain menimbulkan bau busuk, dikhawatirkan juga dapat mencemarkan udara di lingkungan tersebut, sehingga menimbulkan masalah kesehatan. Maka upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Subang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Juga Muspika membuat lokasi baru TPS di area Pasar Inpres yakni di belakang lokasi MPP. Diharapkan dengan adanya TPS Jalitri ini yang memiliki ruang cukup besar, dapat meminimalisir penumpukan sampah yang terjadi dan membuat tata lingkungan kota menjadi lebih bersih," paparnya.


Rahmat Effendi pun mengingatkan TPS yang baru ini harus bersih, jadi sampah yang masuk langsung dikelola sehingga tidak terjadi penumpukan sampah. Dirinya mengharapkan dengan adanya TPS ini dapat menjadi langkah awal perubahan yang baik dan bisa menjadi contoh bagi TPS lainnya di Kabupaten Subang, sehingga volume sampah di TPA tidak bertambah," harapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang, Hidayat mengatakan pihaknya akan melibatkan masyarakat untuk mengelola TPS ini dengan mensosialisasikan cara mengelola sampah sendiri dan mengenalkan program-program DLH, salah satunya yaitu tabungan sampah. Masyarakat pun harus bisa bagaimana caranya menabung sampah di bank sampah tersebut, agar pengelolaan sampah masyarakat dapat teratasi dan tidak menimbulkan penumpukan volume sampah yang berlebih baik di TPS maupun di TPA induk,"pungkasnya.

Dalam acara ini pun dilakukan juga kegiatan Gebyar Subang berkebun dengan penanaman 310 bibit pohon yang dilakukan oleh setiap kelurahan se-Kecamatan Subang yang berlokasi bersebelahan dengan TPS. Kemudian dibangun juga tempat pelatihan untuk pengelolaan sampah dan juga pelatihan produksi pupuk organik


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dugaan Kasus Korupsi Formula E Masih Berjalan, KPK Mengatakan Kasus ini Tidak Pernah Terganggu

KPK tidak akan goyah dan terpengaruh oleh kekuasaan maupun keadaan apapun dalam memberantas korupsi/net JAKARTA, JMI – Penyelidikan kasus d...