WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Rapat Forum Komunikasi Tingkat Kab. Subang Bahas BPJS Kesehatan Terkait JKN-KIS


Subang JMI, 
Rapat Forum Komunikasi bersama Pemangku Kepentingan tingkat Kabupaten Subang Tahun 2022, di hadiri dan di buka langsung oleh sekertaris daerah Sekda) kabupaten Subang Asep Nuroni serta hadir pula Dalam kegiatan tersebut kepala BPJS kesehatan kabupaten Sumedang,kepala BPJS kesehatan kabupaten Subang, Asisten daerah ll ,kepala dinas sosial kabupaten Subang, Kadisnakertrans kabupaten Subang, kadisdukcapil kabupaten Subang serta kepala perangkat daerah yang mewakili.bertempat di Balai pertemuan Fave Hotel Subang, Rabu 15/6/  2022

Dalam rapat ini terdapat beberapa pembahasan bersama BPJS Kesehatan terkait JKN-KIS, salah satunya adalah cangkupan kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Subang yang telah mencapai 87,19% dari yang telah di targetkan 95%. Artinya Masih ada 8% atau 124 ribu orang lagi untuk dikejar dalam program jaminan kesehatan yang dimiliki oleh seluruh masyarakat Kabupaten Subang untuk masuk ke PBI-JK dan PBI-APBD (Penerima Bantuan Iuran- APBD). Banyak rintangan yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Subang untuk bergotong royong mencapai UHC (Universal Health Coverage) atau Cakupan Kesehatan Semesta, yakni sistem perawatan dan pelayanan kesehatan yang menjamin semua penduduk di Kabupaten Subang. 


Sekretaris Daerah Kabupaten Subang Asep Nuroni dalam sambutannya  menyampaikan akan memfokuskan untuk mengejar UHC dengan target yang di cantumkan di angka 95%, dimana saat ini Kabupaten Subang berada di angka 87,19% artinya terdapat 8% jarak angka yang harus di kejar. Oleh sebab itu, tujuan utama dalam forum ini adalah menemukan formula dan format dalam menyelesaikan masalah dan membuat solusi akan ketimpangan tersebut. 

Asep menyampaikan harapan Pemerintah Kabupaten Subang yaitu dapat memacu tupoksi bersama OPD-OPD untuk mencapai target tersebut secara maksimal di tahun 2024. Kang Asep pun mengingatkan kebijakan anggaran untuk kesehatan ini harus mendapat perhatian khusus ditengah Pemerintah Daerah yang akan menanggung beban anggaran untuk Bawaslu dan KPU di tahun 2023-2024 serta menanggung beban anggaran untuk PPPK.

Dalam kesempatan ini, sekda Asep Nuroni menyampaikan amanat sambutan Bupati Subang, dimana disebutkan bahwa program JKN-KIS merupakan program strategis nasional yang harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Peran Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan program strategis nasional sudah sangat jelas tercantum dalam Instruksi Presiden no.8 tahun 2017 tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional agar kepala daerah segera mengambil langkah-langkah sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan dalam rangka menjamin keberlangsungan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS. 

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya agar program JKN-KIS lebih berkualitas dan berkesinambungan, Memberi kemudahan yang sinergi antar pemerintah Daerah, mendorong masyarakat aktif mendaftarkan diri JKN-KIS untuk mewujudkan Indonesia Sehat dan Subang Jawara. Diharapkan dengan pertemuan ini dapat menghasilkan solusi yang terbaik dalam setiap permasalahan yang ada.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KPU Siap Hadapi Gugatan Partai Masyumi di Mahkamah Agung

KPU siap menghadapi gugatan yang dilayangkan Partai Masyumi di Mahkamah Agung (MA)/net JAKARTA, JMI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak mem...