WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

7 Cara Mengobati Sariawan di Mulut secara Alami

sumber foto (aladokter)

JAKARTA, JMI
 --  Sariawan (KBBI: seriawan) atau disebut lesi mulut merupakan luka kecil dan dangkal yang muncul di sekitar bibir bagian dalam, pipi dalam, langit-langit mulut, lidah, serta gusi.

Kondisi tersebut memang menimbulkan rasa perih dan tidak nyaman. Cara mengobati sariawan yang tergolong ringan bisa dibantu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Sementara sariawan parah perlu meminta resep dari dokter untuk mengempiskan bengkak, menyembuhkan luka, sekaligus meredakan rasa sakitnya.

Penyebab Sariawan

Merujuk dari Healthline, penyebab paling umum sariawan yaitu pertumbuhan infeksi jamur berlebih dari jenis jamur Candida albicans.

Jamur C. albicans memang hidup dalam mulut. Tapi, saat sistem kekebalan tubuh Anda sedang tidak seimbang maka jumlah jamur tersebut meningkat dan menyebabkan sariawan.

Selain itu, penyebab sariawan lainnya bisa dikarenakan oleh efek pengobatan kanker termasuk kemoterapi yang memengaruhi sel-sel sehat sehingga rentan terhadap sariawan.

Begitu juga dengan penderita HIV dan diabetes yang umumnya memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, kemudian menguntungkan pertumbuhan C. albicans secara berlebihan.

Tak hanya itu, sariawan bisa juga muncul karena kesalahan kecil lain seperti terlalu kasar menyikat gigi yang melukai gusi atau makan terlalu cepat sehingga area lidah atau dinding mulut tergigit.

Cara Mengobati Sariawan

Cara mengobati sariawan untuk kondisi serius sangat dianjurkan untuk ditangani langsung oleh dokter supaya tidak semakin parah.

Apabila sariawan tersebut tergolong ringan, cara mengatasinya bisa dengan pengobatan alami sendiri di rumah seperti berikut.

1. Minum yoghurt

Yoghurt adalah minuman probiotik dengan kandungan kultur bakteri baik yang bermanfaat menghentikan pertumbuhan jamur C. albicans secara berlebih.

Ketika mengalami sariawan, Anda cukup rutin mengonsumsi yoghurt setiap hari supaya bakteri baik tersebut kembali menyeimbangkn jumlah C. albicans.


2. Kumur air garam

Garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan menenangkan, sehingga dijadikan obat rumahan paling efektif untuk mengatasi berbagai masalah mulut.

Kumur-kumur mulut Anda dengan air garam dapat membantu meredakan gejala sariawan dan mencegahnya menjadi parah.


3. Minyak cengkih

Cara mengatasi sariawan di mulut bisa dengan minyak cengkih. Minyak ini kerap digunakan sebagai obat tradisional berkat sifat antiseptiknya.

Anda cukup kumur dengan minyak cengkih yang sudah dicampur air hangat sebentar saja, kemudian kumur lagi dengan air hangat biasa untuk menghilangkan rasa kebas di mulut.

4. Minum jus lemon

Jus lemon murni hangat atau dingin yang diseduh tanpa gula, diklaim memiliki kemampuan antiseptik dan antijamur yang ampuh melawan jamur atau bakteri penyebab sariawan.

Sebuah penelitian kecil 2009 menemukan, jus lemon menjadi obat sariawan cukup efektif jika dibanding gentian violet karena berisiko menyebabkan kanker.


5. Kunyit

Kunyit termasuk rempah-rempah mengandung zat kurkumin dan atsiri yang dianggap memiliki kemampuan anti-inflamasi.

Untuk menyembuhkan sariawan, kunyit bisa jadikan minuman hangat lalu pakai berkumur beberapa detik dan lakukan sesuai kebutuhan sampai kondisi sariawan terasa membaik.


6. Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat berfungsi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mendorong produksi sel darah putih untuk melindungi tubuh Anda dari infeksi.

Ketika mengalami sariawan, Anda perlu meningkatkan asupan harian dalam bentuk suplemen atau makanan buah dan sayur tinggi vitamin C untuk mempercepat penyembuhan luka.


7. Sari cuka apel

Cara mengobati sariawan juga bisa dengan mengonsumsi sari cuka apel. Penelitian 2015 melaporkan, cuka apel bersifat anti jamur terhadap C. albicans.

Cukup campurkan 1 sdm cuka apel ke dalam segelas air hangat, kemudian kumur selama 15 detik dan lakukan proses minimal 2 kali sehari sampai luka sariawan membaik.

 

GA/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ferdi Sambo dan Bharada E Akan di Periksa Komnas HAM di Mako Brimob

JAKARTA, JMI - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebutkan Komnas HAM akan memeriksa Bharada E dan Irjen Pol. Ferdy Sambo di M...