WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Danrem 060/SGJ Hadiri Festival Mangrove Gangga, Kolonel Inf. Dany Rakca “Mangrove Miliki Nilai Ekonomi”.

Danrem 060/SGJ. Kolonel inf.Danny Rakca

Subang JMI
,  Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca, S.A.P, M. Han., menghadiri kegiatan fun bike dan Festival Mangrove Gangga – Cilamaya yang digelar di 2 (dua) desa, yakni Desa Cilamaya Girang dan Desa Rawameneng Kecamatan Blanakan Kabupaten Subang. Minggu, 24/7/2022.

Kegiatan yang diselenggarakan tersebut dalam rangka menyambut Hari Mangrove Se-Dunia, ini bertujuan untuk membangun ekosistem lingkungan dan pengembangan wisata yang ada di pesisir pantai agar lebih di perhatikan. Dikemas dengan kegiatan fun bike cross road dan wisata hutan bakau dengan menaiki perahu nelayan, peserta juga dimanjakan dengan UMKM jajanan khas pantai.

Pada kesempatan ini, Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca mempresentasikan Stand Pameran UMKM Korem 063/SGJ dalam pemanfaatan Mangrove sehingga memiliki nilai ekonomis. Danrem menjelaskan bahwa Manggrove bisa dibuat sebagagai bahan baku makanan dan minuman.

“Kita manfaatkan limbah mangrove, bukan mangrovenya ya! karena kita tetap menjaga kelestarian hutan mangrove itu sendiri. Limbahnya itu buah yang sudah jatuh kita manfaatkan menjadi bahan baku makanan ataupun minuman yang memiliki nilai ekonomi." Ujar Kolonel Inf Dany Rakca.

Danrem menjelaskan olahan pohon mangrove juga mempunyai khasiat untuk meningkatkan stamina.

“Ada dodol, green tea, peyek, sirup, kopi ini semua adalah hasil olahan dari mangrove, bahkan mangrove ini sesuai riset yang dilakukan Prop. Latif, mempunyai khasiat yang luar biasa yaitu meningkatkan stamina tubuh” Tambah Danrem.


Lebih lanjut Kolonel Inf Dany Rakca menyampaikan terkait penanaman  mangrove pihaknya sebagai Institusi TNI AD, khususnya di wilayah pesisir Pantura harus dapat menjadi tauladan dan berkontribusi solusi untuk kondisi yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan perintah Kasad, Satuan TNI AD harus senantiasa hadir bersama rakyat untuk mengatasi kesulitan rakyat di wilayahnya.

“Taman mangrove bukan hanya menahan abrasi tapi juga sangat bermanfaat menjadi bahan baku makanan dan minuman bahkan dengan rekayasa biologis, mangrove bisa dimanfaatkan sebgai bio gas“ tegas Danrem.

Gayung bersambut, Bupati Subang dan Seluruh Rombongan yang hadir sangat mengapresiasi Stand Pameran UMKM Korem 063/SGJ dalam pemanfaatan mangrove sehingga memiliki nilai ekonomis.

Bupati Subang meminta bantuan Danrem 063/SGJ agar segera memberikan sosialisasi pemanfaatan mangrove kepada seluruh masyarakat Subang khususnya yang berada di daerah pesisir.

“Terimakasih Pak Danrem, kami dan Kepala Desa Cilamaya Girang akan memfasilitasi pendirian tempat penelitian dan pengembangan mangrove di kawasan Desa Wisata Magrove greenthink, sehingga manfaatnya akan lebih cepat dirasakan oleh masyarakat” Terang Bupati H. Ruhimat.

Hadir pada acara tersebut, Pangdam III/Slw diwakili oleh Danrem 063/ Sgj Kol Inf Dany Rakca., S.A.P., Danlanud Suryadarma Marsma TNI Tarjoni. Anggota DPD RI Jawa Barat, Tim Pusdiklat Bela Negara Kementerian Pertahanan RI, Dirjen Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes, Direktur Penyerasian Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi Kemenparekraf, Bupati Subang, H.Ruhimat, didampingi oleh Asda 1 Asep Nuroni, Dandim 0605 /Subang, Letkol inf Bambang Raditya  M.Han., Wakapolres Subang, Danramil 0506/Csm, Anggota DPRD Subang , Kepala BPBD Subang, Kepala Perhutani Subang, Rombongan Ketua PWNU Jawa Barat, Ketua PCNU Kab. Subang, Ketua Baznas Subang, Raja Rahyang Mandalajati Sanggabuana. Galuh Pakuan, Kades Cimalaya Girang dan Kades Rawameneng serta unsur masyarakat lainnya.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pihak IRDA Dan APH, Polres Dan Kejari Subang Tangani Puluhan Desa Yang Bermasalah Di Tahun 2021-2022 Dan Tahun Sebelumnya.

Kepala inspektorat daerah (IRDA) kabupaten Subang. Drs .R.Memet Hikmat Subang JMI, Inspektorat daerah (IRDA) kabupaten Subang, provinsi Jawa...