WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

‘Festival Mangrove Gangga Cilamaya’ Wisata Dan Penanaman Mangrove Sebagai Upaya Pelestarian Hutan Desa


Subang JMI
, Festival Mangrove gangga Cilamaya,di hadiri Bupati Subang H.Ruhimat ,bertempat di Hutan Edukasi Greenthink, Desa Cilamaya Girang. Minggu, (24 Juli 2022).

Kegiatan tersebut dalam rangka merayakan Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli 2022. Tema kegiatan tersebut sendiri adalah "Wisata dan Penanaman Mangrove sebagai upaya pelestarian Hutan Desa."

Kepala Desa Cilamaya Girang Hj. Siti Maslihah dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan yang kini dilaksanakan diinisiasi oleh Kang Raja Evi Supriadi dari Galuh Pakuan. Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Kang Jimat atas telah dibangunnya Jalan di Cilamaya Girang sepanjang 2,2 KM,"imbuhnya.

Siti juga berharap, dengan kehadiran Bupati Subang Ruhimat beserta pemimpin lainnya, mampu memberikan keberkahan bagi Desa Cilamaya Girang & Rawameneng.

"Kehadiran bapak ibu semoga menjadi keberkahan bagi Cilamaya Girang dan Rawameneng"ungkapnya.

Anggota DPRD Subang Fraksi PDI-P Adik pada kesempatan tersebut juga menyampaikan terima kasihnya kepada Ruhimat sebagai bupati Subang,atas telah dibangunnya jalan di Cilamaya Girang.

"Atas capaian pak bupati, di tahun 2021 jalan di Cilamaya Girang itu dibangun sepanjang 2,2 KM."pungkasnya.

Bupati Subang Ruhimat dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Festival Mangrove tersebut, terutama kepada para penggagas dan panitia yang bertugas.

"Terima kasih dan apresiasi kepada penggagas terkait pelaksanaan ini, yang tentunya ini terlaksana atas inisiasi dari para kepala Desa, dan khususnya dari Galuh Pakuan Subang, terima kasih Kang Evi, nuhun pisan yang selalu mensupport terkait bagaimana kepentingan hari esok Subang, supaya lebih baik."tuturnya.


Bupati Subang menyampaikan harapannya, semua pihak bersama sama menjaga apa yang telah ditanam.

"Mudah mudahan bisa saling menjaga tanaman yang sudah kita tanam" harap Bupati Ruhimat.

Selain itu, Bupati Subang menyampaikan dukungan atas kegiatan penanaman Mangrove tersebut, dan berharap kegiatan tersebut mampu dilaksanakan diberbagai daerah lainnya.

"Kami pemerintah daerah sangat mensupport kegiatan seperti ini, mudah mudahan bisa dilaksanakan di tempat lain. Subang memiliki 14 Desa yang berada di garis pantai, mudah mudahan bisa di desa lainnya."ungkapnya.

Komandan Korem 063/ Sunan Gunung Jati Kolonel Inf Dany Rakca Andalasawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Mangrove memiliki fungsi dan manfaat yang banyak.

"Tidak hanya memiliki fungsi menahan tanah dari abrasi, tapi banyak manfaat lainnya yang dapat dimanfaatkan."imbuhnya.

Kolonel Inf Dany juga menyampaikan harapannya terkait Greenthink yang menurutnya dapat dijadikan sebagai wahana edukasi terkait Mangrove. "Tempat ini bukan hanya sebagai tempat tontonan, tapi juga tempat edukasi Bagaimana mangrove ini dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat." Harap nya 

Menutup sambutannya, sebagai bukti kehadiran, dirinya dan Pemerintah akan siap mendukung setiap program yang positif bagi masyarakat.

"Kami akan membantu, kami akan mensupport sesuai leading nya masing masing, bahwa kehadiran pemerintah senantiasa hadir bersama rakyat."ungkap komandan korem 063/sunan gunung jati.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis Pohon Mangrove dari Perwakilan Pertamina kepada Kang Jimat beserta tamu undangan lainnya, sekaligus penanaman Mangrove.

Selanjutkan Bupati Subang beserta jajatan meninjau Hutan Mangrove dengan menggunakan Perahu, sekaligus melanjutkan kegiatan di KUD Mina Karya Baru, Desa Rawameneng.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Perwakilan DPD RI, Dirjen Kemendes PDTT, Ketua PWNU Jawa Barat, Danlanud Suryadharma, Dandim 0605 Subang, Wakapolres Subang, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat, Kadis LH Subang, Kadis Pertanian, Kadisparpora Subang, Ketua PC NU Subang, Camat Blanakan serta tamu undangan lainnya.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Apel Besar dan Halal Bihalal Perumda Air Minum Tirta Rangga Kab.Subang Tahun 2024

Subang, JMI - Pj. Bupati Subang Bertindak sebagai pembina Apel Besar yang bertempat di Halaman Kantor Perumda air minum Tirta R...