WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Indonesia dan Vietnam: Sering Berjodoh dan Dikecewakan

sumber foto (kompas bola)

JAKARTA, JMI
 -- Timnas Indonesia sering berjodoh dengan Vietnam di berbagai turnamen kelompok umur dan seringkali mendapat hasil mengecewakan dalam duel lawan Vietnam. Kedua tim akan kembali berjumpa di Piala AFF U-16 2022.

Dalam setahun terakhir, Timnas Indonesia sudah berulang kali berjumpa Vietnam. Pada duel Kualifikasi Piala Dunia 2022 Juni tahun lalu, Indonesia yang sudah dipimpin Shin Tae Yong tumbang dengan skor 0-4. Kekalahan ini melengkapi kekalahan di pertemuan pertama dua tahun sebelumnya dengan skor 1-3.

Indonesia mengakhiri babak penyisihan dengan status sebagai juru kunci sedangkan Vietnam berhak atas status runner up dan lolos ke babak ketiga penyisihan Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia lalu kembali berada satu grup dengan Vietnam di Piala AFF 2020 yang digelar di akhir 2021. Timnas Indonesia memilih melakukan pendekatan defensif dan berhasil menahan imbang Vietnam dengan skor imbang tanpa gol.

Hasil imbang lawan Vietnam ini yang turut membuat Timnas Indonesia berhasil mengakhiri babak penyisihan dengan status juara grup. Timnas Indonesia akhirnya bisa melenggang ke babak final namun kalah di tangan Thailand yang sebelumnya juga menyingkirkan Vietnam.

Perjumpaan berikutnya ada di ajang SEA Games yang mempertandingkan Timnas U-23 dan tiga pemain senior. Indonesia dihajar Vietnam dengan skor 0-3 di pertemuan pertama kedua tim di grup A.

Kekalahan itu membuat Timnas Indonesia harus puas dengan status runner up grup A di bawah Vietnam. Indonesia maju ke semifinal dan akhirnya tumbang di tangan Thailand.

Vietnam sendiri sukses merebut medali emas setelah mengalahkan Thailand di partai final.

Pertemuan lanjutan Indonesia dan Vietnam terjadi di Piala AFF U-19. Indonesia satu grup dengan Vietnam, dan juga Thailand.

Indonesia yang didukung ribuan suporter hanya mampu bermain imbang lawan Vietnam tanpa gol. Hasil ini kemudian ikut membuat Indonesia tersingkir pada akhir turnamen.

Setelah Indonesia imbang juga dengan skor 0-0 lawan Thailand, Indonesia akhirnya tersingkir ketika Vietnam vs Thailand di laga terakhir imbang dengan kedudukan 1-1.

Indonesia kalah head to head dari Vietnam dan Thailand saat sama-sama punya poin 11 di tangan.

Kini duel berikutnya antara Indonesia dan Vietnam akan terjadi di Piala AFF U-16 yang berlangsung 31 Juli hingga 13 Agustus. Selain Vietnam, lawan Indonesia lainnya di grup ini adalah Singapura dan Filipina.

 

 

Sumber : CNN Indonesia

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Sejumlah Eks Napiter Akan Ikrar Setia NKRI di Hari Kemerdekaan

PALU, JMI - Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 tahun. Sejumlah eks Napiter (Narapidana Teroris) ...