WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

KIP Kuliah Sediakan Beasiswa untuk 185.000 Mahasiswa pada 2022

sumber foto (parapuan)

JAKARTA, JMI
 -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyediakan beasiswa bagi 185.000 mahasiswa melalui Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah pada 2022. Beasiswa KIP Kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa dari keluarga miskin maupun rentan miskin.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Abdul Kahar menjelaskan bahwa beasiswa KIP Kuliah diperuntukkan bagi mahasiswa yang pendapatan orang tuanya kurang dari Rp 4 juta per bulan.

"Utamanya yang menjadi peserta Program Indonesia Pintar (PIP) semasa menempuh pendidikan di sekolah menengah atas dan seleksi (calon peserta) akan dilakukan oleh perguruan tinggi," katanya pada Senin, 25 Juli 2022.

Dia menambahkan, data calon peserta program KIP Kuliah akan diverifikasi dan kondisi rumah mereka akan dicek oleh petugas untuk memastikan kelayakan mereka mendapat beasiswa dari pemerintah. "Ini sempat tidak bisa dilakukan pada 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19. Mudah-mudahan tahun ini dapat dilakukan verifikasi lapangan, mengingat banyaknya mahasiswa yang mendaftar sementara kuota terbatas," kata dia.

Kahar mengimbau perguruan tinggi segera mengajukan data calon penerima beasiswa program KIP Kuliah ke pemerintah. Menurut dia, data peserta program KIP Kuliah yang sudah kuliah harus disampaikan paling lambat 31 Agustus 2022 supaya pencairan bantuan biaya hidup tidak tertunda.

Data mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri yang diusulkan mendapat beasiswa dari program KIP Kuliah juga harus disampaikan paling lambat tanggal 31 Agustus 2022. Sedangkan tenggat penyampaian data calon penerima bantuan program KIP Kuliah dari perguruan tinggi swasta sampai 31 Oktober 2022.

Sumber : Tempo.co

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Apel Besar dan Halal Bihalal Perumda Air Minum Tirta Rangga Kab.Subang Tahun 2024

Subang, JMI - Pj. Bupati Subang Bertindak sebagai pembina Apel Besar yang bertempat di Halaman Kantor Perumda air minum Tirta R...