WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pesan China Jelang Jokowi Bertemu Xi Jinping Hari Ini

presiden jokowi dan presiden china xi jinping

JAKARTA, JMI
 --  Presiden Joko Widodo dijadwalkan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing hari ini, Selasa (25/7), dalam tur kenegaraannya ke sejumlah negara Asia Timur.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, menegaskan lawatan Jokowi hari ini menunjukkan "betapa pentingnya" hubungan RI-China yang "melekat".

Wang menuturkan lawatan Jokowi hari ini menjadi kunjungan pertama pemimpin negara asing ke China sejak Februari lalu kala Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin.

"Presiden Xi Jinping akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Li Keqiang. Mereka akan berdiskusi dan bertukar pandangan mendalam soal hubungan bilateral dan isu-isu utama regional dan internasional," ucap Wang dalam jumpa pers rutin Kemlu China di Beijing pada Jumat pekan lalu.

Menurut Wang, Beijing menganggal China dan Indonesia sebagai negara berkembang utama negara dengan perekonomian yang tengah berkembang pesat. Kedua negara, katanya, memiliki kepentingan bersama dan potensi kerja sama yang luas.

Ia menuturkan dalam beberapa tahun terakhir, di bawah bimbingan strategis kedua presiden, RI-China terus memantapkan arah untuk bersama-sama membangun komunitas Tiongkok-Indonesia dengan masa depan dan pola kerja sama bilateral baru yang fokus pada "penggerak rdoa empat". Empat roda itu meliputipolitik, bidang ekonomi, budaya, dan maritim.

"Kami berharap melalui kunjungan Presiden Joko Widodo, kedua belah pihak akan semakin memperdalam rasa saling percaya strategis dan kerja sama praktis, dan menciptakan contoh kerja sama saling menguntungkan antara negara-negara berkembang utama untuk masa depan dan era baru," ujar Wang seperti dikutip rilis Kemlu China.

Wang juga menegaskan dukungan kuat China terhadap keketuaan Indonesia di forum G20 tahun ini. Ia menuturkan China sangat mengapresiasi dan mendukung "peran konstruktif Indonesia sebagai ketua G20."

"Dalam kunjungannya, Presiden Joko Widodo akan berkomunikasi langsung dengan para pemimpin China terkait KTT G20 untuk membahas cara-cara menjawab tantangan global yang mendesak, menunjukkan solidaritas, dan koordinasi di antara negara-negara berkembang utama, menyalurkan lebih banyak energi positif untuk ekonomi global pasca-pandemi Covid-19," kata Wang.

Selain China, Jokowi juga akan berkunjung ke Jepang dan Korea Selatan pekan ini. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menuturkan ketiga negara Asia Timut ini merupakan mitra strategis Indonesia di kawasan.

"Berbagai isu dari kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia akan dibahas dengan para pemimpin ketiga negara tersebut," ucap Menlu.

Dengan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1), Jokowi beserta rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, pada Senin (25/7) sore sekitar pukul 14.00 WIB dan menempuh tujuh jam perjalanan sebelum tiba di Beijing Capital International Airport pada Senin malam.

 

Sumber : CNN Indonesia

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Sejumlah Eks Napiter Akan Ikrar Setia NKRI di Hari Kemerdekaan

PALU, JMI - Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 tahun. Sejumlah eks Napiter (Narapidana Teroris) ...