WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Virus Hendra Sudah Muncul Di Negara Australia.

virus hendra kembali muncul kembali di australia. (sumber foto ; hallodoc)

JAKARTA, JMI
 --  Virus Hendra terdeteksi pada seekor kuda di Queensland, Australia, untuk pertama kalinya sejak lima tahun. Kondisi kuda tersebut memburuk dalam kurun waktu singkat lantaran belum menerima vaksin.

"Pelacakan dan penilaian risiko telah dilakukan pada hewan-hewan lain di lingkungan tersebut," kata dr Allison Crook, Chief Veterinary Officer Biosecurity Queensland, Australia, dikutip dari ABC News Australia, Senin (11/7/2022).

dr Crook juga menjelaskan bahwa pihaknya sudah bekerja sama dengan pakar Kesehatan Masyarakat Queensland untuk melakukan pelacakan kontak pada manusia.

"Kami juga bekerja sama dengan pakar Kesehatan Masyarakat Queensland untuk melacak apakah ada kontak antarmanusia dengan kuda yang terinfeksi. Kami siap memberikan bantuan, konseling, informasi, tes atau perawatan yang diperlukan," tambahnya.

Lebih jauh dr Crook mengatakan, infeksi virus Hendra bisa terjadi kapan saja dan para pemilik peternakan harus segera menghubungi dokter hewan jika kuda mereka sakit. Terdapat dua gejala yang terlihat jelas jika kuda terinfeksi virus Hendra.

"Pertama kita bisa melihat gejala pada pernapasan kuda, biasanya mereka mengeluarkan cairan dari hidung. Kemudian gejala neurologis, kita bisa melihat kuda jalan terhuyung-huyung dan tersandung," katanya.

Menurut dokter hewan Bruce Howlett Jr, virus Hendra sangat mengkhawatirkan karena virus tersebut membawa risiko besar bagi manusia. Sebelumnya bahkan kerap disebut berpotensi menjadi pandemi selanjutnya.

"Angka kematian kasus adalah 57 persen pada manusia," kata dr Howlett.

 

Sumber : Detikhealth

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Disperkim Kota Bandar Lampung Aprisiasi Sinergitas Program BSPS

BANDAR LAMPUNG, JMI - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan pada tahun 2...