WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Jaga Ketahanan Pangan, Danrem 063 Sunan Gunung Jati Tanam Jagung di Kabupaten Subang


Subang JMI
- Pelaksanaan kegiatan penanaman Jagung jenis Hybrida  di Wilayah Kodim 0605/Subang,di pantau dan di pimpin langsung oleh Danrem 063/SGJ Kolonel inf.Dany Rakca,S Ap.M.Han. bertempat di Kawasan Perhutani HPD Sukahurip Desa Sukahurip, Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang, Rabu (03/8/2022).

Kegiatan tersebut dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Kodam III/Slw terpusat di Dodiklatpur Rindam III/Siliwangi tepatnya di daerah Ciuyah Pandeglang Banten. Adapun kegiatan dipimpin Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo bersama Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi.

Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca, S.AP, M.Han., menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan atas perintah Pangdam III/SLW Mayjen TNI Kunto Arif Wibowo, anggota TNI diminta menanam Jagung secara serentak di lahan wilayah teritorial masing-masing di bawah satuan Kodam III/Slw, nanti hasilnya akan diberikan kepada masyarakat.


“Kami mengimplementasikan perintah Bapak Presiden, kemudian Perintah Bapak Kepala Staf Angkatan Darat termasuk juga Bapak Pangdam III Siliwangi tentang membantu mewujudkan ketahanan pangan berupa produk-produk atau komoditas pangan yang dapat digunakan oleh masyarakat maupun membantu ketahanan pangan nasional, ” Tutur Danrem.

Di wilayah teritorial Korem 063/SGJ,  Kolonel Inf Dany Rakca, S.AP, M.Han., menuturkan pihaknya telah menyiapkan lahan seluas sembilan puluh delapan hektarare (98 Ha) untuk ketahanan pangan.

“Di wilayah kami ada 98 Ha yang siap ditanam, yang terbentang di 8 Kabupaten. Untuk di wilayah Kodim 0605/Subang sendiri telah menyiapkan lahan seluas 25 Ha yang bekerja sama dengan Dinas Perhutani dan Gapoktan” ungkap Kolonel Inf Dany Rakca.

Lebih lanjut Kolonel Inf Dany Rakca, S.AP, M.Han., menyebutkan bahwa pihaknya akan bersinergi dengan Polri dan Pemda setempat serta unsur instansi terkait guna mewujudkan hal tersebut.

“Tentunya Kodim juga tidak bisa bergerak sendiri, dalam mewujudkan itu bekerja sama dengan teman-teman Pemda dalam hal ini Pak Bupati yang didelegasikan Kepala Dinasnya, juga dari Perhutani yang menyiapkan lahan yang selama ini tidak digunakan dengan efektif, juga dari Kepolisian, kejaksaan membantu pengawasan tentang bagaimana penggunaan terhadap anggaran, penggunaan legalitas terhadap lahan” Ujar Danrem.

“Jadi ini bukan keberhasilan satu instansi tapi suatu keberhasilan secara utuh di Kabupaten Subang” Pungkas Danrem.

Pada kesempatan itu di sekitar lahan ketahanan pangan, Danrem 063/SGJ yang memiliki anak asuh stunting di wilayah teritorial Kodim 0605/Subang memberikan bantuan berupa bahan makanan dan uang gizi kepada dua puluh delapan (28) anak penderita Stunting.

“Ibu sekalian ini ada bahan – bahan makanan ada telur, susu dan banyak lagi, mudah – mudahan bisa membantu menambah gizi anak – anak. Tapi susu ini untuk anak- anak ya Bu! jangan di minum sama ibu apalagi sama bapaknya! nanti yang gemuk malah bapaknya” Ujar Danrem sambil berkelakar.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Oknum Berlagak Preman Saat Ancam Wartawan Dalam Peliputan Dugaan Penyalahgunaan BBM Bersubsidi Resmi Dilaporkan Ke Polres Grobogan

GROBOGAN JMI, Pers hadir sebagai sebuah sumber informasi yang mengutamakan kepentingan publik yang disuguhkan dalam bentuk jurnalistik dalam...