WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Korem 133/Nani Wartabone Gelar kegiatan Bimbingan Teknis Bidang Wanwil Tingkat Korem TA. 2022


Gorontalo JMI
, Menggelar kegiatan WANWIL Guna mewujudkan Aparat Teritorial yang adaptif melalui penyiapan perlawanan wilayah (Wanwil) untuk kepentingan pertahanan negara, Korem 133/Nani Wartabone menggelar Bimbingan Teknis Bidang Wanwil Tingkat Korem 133/NW.

Komandan Korem 133/NW Brigjen TNI Amrin Ibrahim, S.I.P membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis tingkat Korem Bidang Wanwil TA 2022 bagi Para Pasiter, Danramil dan Babinsa Kodim jajaran Korem 133/NW, bertempat di Aula Kusno Danupoyo Makorem 133/NW, Jl. Trans Sulawesi Desa Tridharma Kec. Pulubala Kab. Gorontalo, Kamis (25/8/2022).

Dalam sambutannya, Danrem 133/NW Brigjen TNI Amrin Ibrahim menyampaikan saya ucapkan selamat datang di Korem 133/NW kepada seluruh peserta yang hadir untuk mengikuti kegiatan bimbingan teknis tingkat Korem 133/NW bidang perlawanan wilayah TA 2022.

"Dalam menyiapkan kepentingan perang, maka peran Satkowil harus sama persepsi dan sama langkah secara dini terarah, terpadu, total dan berkesinambungan dengan semua komponen bangsa dalam mewujudkan Binter yang adaptif," terangnya.

Brigjen TNI Amrin Ibrahim mengesakan Hindari permasalahan/konflik terhadap polisi, jaga sinergitas dengan polisi maupun aparat yang lainnya, para Babinsa harus mempunyai/mengetahui nomor handphone setiap warga di wilayahnya masing-masing.

"Demikian sambutan saya pada acara pembukaan Bimbingan Teknis tingkat Korem 133/NW pada bidang Wanwil TA 2022, Kamis 25 Agustus 2022, pukul 10.25 Wita, saya nyatakan dengan resmi di buka," tandasnya. 


Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian Kasiter Kasrem 133/NW Letkol Inf Yayat Priatna P, S.I.P., M.Tr.(Han) menyebutkan Bimnis yang dilaksanakan bertujuan menyamakan persepsi langkah kegiatan pembinaan teritorial, khususnya bidang Wanwil yang harus dilakukan Satkowil di wilayah dalam meningkatkan kordinasi dan komunikasi dengan Pemda dan instansi terkait untuk bersinergi dalam pembinaan teritorial.

Dalam hal itu akan mempermudah Satkowil dalam menjalankan perannya melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah dan hal itu sesuai dengan tema "Mewujudkan Aparat Teritorial yang Adaptif Melalui Penyiapan Wanwil untuk Kepentingan Pertahanan Negara".

"Guna terwujudnya sistim pertahanan bersifat semesta, TNI AD melalui Korem 133/NW melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui kegiatan pembinaan teritorial. Pembinaan merupakan bentuk dan upaya penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung secara dini, sesuai sistim pertahanan semesta dan upaya itu juga perlu didukung semua pihak tanpa terkecuali," ungkapnya.

Kasiter mengatakan Sinergitas itu nantinya, meliputi pembinaan sumber daya nasional, baik berupa pembinaan geografi, demografi dan kondisi sosial di masyarakat serta kegiatan itu harus diselenggarakan secara terus menerus sesuai dengan dinamika perkembangan jaman.

"Seperti diketahui bersama, ancaman terhadap kedaulatan negara yang semula bersifat konvensional (fisik), saat ini berkembang menjadi multi dimensional (fisik dan non fisik), baik yang berasal dari luar negari maupun dari dalam negeri," imbuhnya.

Ancaman yang bersifat multi dimensional itu, menurut Kasiter, dapat bersumber dari permasalahan idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya maupun permasalahan keamanan yang terkait dengan kejahatan internasional, antara lain terorisme, imigran gelap, bahaya narkotika, pencurian kekayaan alam, bajak laut dan perusakan lingkungan.

Hal seperti itu, diharuskan semua pihak untuk lebih memacu cara berpikir dan bertindak secara terintegrasi dalam mencermati tiap permasalahan yang muncul di tengah-tengah masyarakat, hingga pada gilirannya berpotensi menjadi ancaman terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara dapat diantisispasi secara dini.

Kasiter juga menekankan beberapa hal untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan itu, agar mengikuti kegiatan dengan seksama dan penuh rasa tanggung jawab, agar para peserta memahami betul tentang pembinaan Wanwil serta implementasinya di lapangan, serta memahami peran Satkowil dalam melaksanakan pendataan norma, standar, prosedur, dan kriteria pengelolaan kekuatan pendukung serta kepentingan pembinaan Wanwil.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasrem 133/NW Kolonel Inf Ignatius Trijoko Budi S., Para Kasi Kasrem 133/NW, Pasi Komsos Siterrem 133/NW Mayor Inf Basrang, Para balak aju Rem 133/NW Para Pasiter, Danramil dan Babinsa Kodim jajaran Korem 133/NW.


Lukman Tahir/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bocah Tenggelam di Pantai Pangandaran Ditemukan di Pantai Barat Tadi Pagi

PANGANDARAN JMI, Bocah yang tenggelam di laut Pangandaran, kini sudah ditemukan dan dievakuasi tim relawan SAR. Jenazah bocah berusia 10 ta...