WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pameran Mobil Kepresidenan Era Sukarno hingga Jokowi Dipamerkan di Sarinah

mobil dinas kepresidenan RI dari zaman presiden soekarno dan presiden jokowi (CNN Indonesia)


JAKARTA, JMI -- Menteri Sekretariat Negara Pratikno resmi membuka pameran Arsip dan Mobil Kepresidenan RI di Mall Sarinah Jakarta hari ini, Sabtu (13/8), sebagai salah satu rangkaian peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Acara ini juga dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir.

"Dengan mengucap 'bismillahirrahmanirrahim' pameran pada pagi hari ini kita buka," ujar Pratikno.

Pratikno menyebut kehadiran pameran arsip dan mobil kepresidenan ini bukan hanya untuk dinikmati secara visual, melainkan sebagai pengingat perjuangan para pejuang negara.

"Tentu saja bukan hanya membawa kita secara fisik melihat arsip atau mobil, tetapi lebih penting adalah bagaimana dulu para founding fathers, para pejuang demi bangsa telah bekerja keras mempertaruhkan jiwa dan raga untuk membentuk berdirinya negara yang kita cintai ini," tutur Pratikno.

"Dan ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk untuk melanjutkan perjuangan dari beliau beliau," imbuhnya.

Usai meresmikan pembukaan pameran, Pratikno dan Erick Thohir tampak berkeliling area pameran. Mereka bahkan sempat menilik bagian dalam beberapa mobil kepresidenan.

Kepala Biro Umum Kementerian Setneg Erry Hermawan mengatakan pameran akan berlangsung lebih dari sepekan hingga 22 Agustus. Pengunjung dapat mengunjungi area pameran mulai dari pukul 10 pagi hingga 10 malam, sesuai jam operasional Mall Sarinah.

Pameran mobil kepresidenan terletak di area teras dekat pintu masuk lobi selatan. Sementara pameran arsip terbagi dalam beberapa titik di bagian dalam mall.

Pameran mobil menampilkan total tujuh mobil kepresidenan, mulai dari mobil merk Buick keluaran 1939 yang digunakan Presiden Sukarno hingga Mercedes Benz S600 Guard keluaran 2008 yang digunakan Presiden SBY dan Presiden Jokowi.

Menurut Erry, tujuh mobil dipilih untuk merepresentasikan hari ulang tahun RI ke-77, sekaligus mewakili jumlah presiden yang pernah memimpin RI.

Sedangkan pameran arsip menampilkan beberapa catatan bersejarah mulai dari foto, tulisan, hingga video dari berbagai era kepresidenan.


CNNI/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ketua KNPB Mimika Ditangkap Terkait Suplai Senjata Ilegal ke KKB Papua

gambar hanya ilustrasi JAKARTA, JMI -- Satgas Ops Damai Cartenz  kembali menangkap dua tersangka dalam kasus dugaan suplai senjata dan amuni...