WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pemdes Dawuan Sulap Lahan Eks Penampungan Sampah Jadi Kolam Ikan


MAJALENGKA JMI,
Pemerintah Desa Dawuan, Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka menyulap lahan bekas penampungan sampah yang asal mulanya tak elok dipandang menjadi sebuah kolam ikan. 

Kepala Desa Dawuan, Abdul Rohman Baehaqi mengatakan, bahwa pembangunan kolam ikan yang berada di Blok Jombol itu ditujukan sebagai program ketahanan pangan dan hewani.

"Lahan yang dijadikan kolam ikan itu dulunya tempat penampungan sampah dan orang-orang pun enggan mendatanginya. Namun setelah dibangun kolam, alhamdulillah sekarang ini banyak warga yang berkunjung," ungkap Abdul Rohman, Rabu (31/8/2022).

Untuk merealisasikan pembangunan kolam ikan yang berada di Blok Jombol tersebut, Pemdes Dawuan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 72 juta dari Dana Desa tahap kedua tahun 2022. 

Abdul mengutarakan, pengembangan ke depannya di bagian timur area kolam direncanakan akan dibangun taman hijau terbuka untuk wahana tempat berkumpul, berkreasi dan berinovasi warga. 

"Jadi nanti di taman itu anak-anak muda, orang tua atau siapapun bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bertukar pikiran berdiskusi atau bermusyawarah dan bersilaturahmi," ungkapnya.


Di lain hal, Pemdes Dawuan kini tengah menggelorakan gerakan penghijauan dengan melakukan penanaman pohon. Dalam pelaksanaannya program tersebut bekerja sama dengan pihak BRI.

"Kita mendapatkan bantuan sebanyak 450 bibit pohon durian dari BRI dan kita sebar penanamannya di berbagai lokasi dan lahan kebun milik warga," ujar Kades Abdul Rohiman.

Abdul menjelaskan, bahwa dengan menanam pohon menjadi langkah yang sangat penting untuk memperbaiki lingkungan dan sangat banyak manfaatnya seperti di antaranya sebagai penghasil oksigen bagi kehidupan.

Di samping itu, pohonnya pun merupakan tanaman produktif jenis buah-buahan yang kelak dapat dipetik manfaatnya dikemudian hari, imbuhnya. 

"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BRI Cabang Majalengka, semoga ke depannya bisa bekerja sama lebih jauh lagi," ucap Kades Dawuan.

Camat Dawuan, Uju Gustawan pun mengapresiasi terhadap BRI Cabang Majalengka yang telah menunjuk Desa Dawuan menjadi binaannya sebagai Desa Brilian.

Uju mengatakan, hal tersebut merupakan hasil upaya sangat luar biasa dari desa serta BUMDes dan tingkat digitalisasinya pun dinilai telah berjalan dengan baik, sehingga ditunjuk layak menjadi salah satu bagian desa binaan BRI Cabang Majalengka. 


Yaya Ruhiyat/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Simpang Siur Informasi Antara DPR-RI Komisi X Dengan Pemda Bandar Lampung, GAMAPELA Minta KPK Turun Tangan

Bandar Lampung JMI, Perhatian masyarakat Bandar Lampung semakin meluas terkait polemik gaji guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...