WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Persaingan Samsung vs Xiaomi Sangat Ketat , Alih-Alih Iphone Kemana ?

sumber foto (Quora)


JAKARTA, JMI
-- Samsung masih menguasai pasar ponsel RI meski ditempel ketat oleh Xiaomi. Di posisi berapa iPhone, ponsel yang kerap dilekatkan dengan citra ekslusifnya?

Hal itu didasarkan survei lembaga Populix berjudul 'Mobile Phone Usage and 5G Network Projection' dengan melibatkan 1.000 responden dari sejumlah kota besar pada periode 4-14 Juli 2022.

"Dari segi sistem operasi, Android lebih mendominasi jenis ponsel orang Indonesia dibandingkan iOS," demikian pernyataan dalam siaran persnya, Jumat (12/8).

"Adapun merek ponsel Android yang mendominasi pasar Indonesia adalah Samsung (25 persen), Xiaomi (23 persen), dan Oppo (14 persen), diikuti oleh iPhone dengan persentase sebanyak 14 persen," lanjut Populix.

Di luar itu, Oppo menguasai pasar selevel iPhone (14 persen), disusul Vivo (9 persen), Asus (2 persen), Huawei (1 persen), Sony (1 persen), dan merek lainnya (11 persen).

"Hal yang menarik, Samsung berhasil menggeser posisi Xiaomi pada tahun ini, setelah laporan survei Populix sebelumnya pada Februari 2021 mengungkap bahwa Xiaomi menempati urutan pertama ponsel yang paling banyak digunakan, diikuti Samsung, Oppo, dan iPhone," lanjut pernyataan Populix.

Survei yang sama mengungkapkan 79 persen responden memiliki satu ponsel untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Sementara, 20 persen lainnya memiliki dua ponsel, dan 1 persen memiliki tiga ponsel.

Sebelumnya, hasil riset International Data Corporation (IDC) tentang laporan penjualan ponsel kuartal I 2022 menunjukkan produsen ponsel asal Korea Selatan itu menempati posisi puncak dengan 2,1 juta pengiriman.

Kursi teratas itu direbut setelah 2,5 tahun tidak merajai penjualan di RI. Hal ini didorong rilis sejumlah model utama seperti seri flagship Galaxy S22 dan model Galaxy A03, serta beberapa model dari seri Galaxy A lain.

Selain itu, Galaxy A53 5G, A52s 5G, dan seri S22 turut meningkatkan pangsa Samsung di segmen 5G hingga 40 persen.

Posisi kedua ditempati Oppo dengan 1,8 juta unit pengiriman. Andalannya adalah ponsel A95 dan A76 di segmen mid-range. Posisi ketiga dimiliki Vivo dengan penjualan 1,5 juta unit di Indonesia. Ponsel andalannya ialah Y15s dan Y21.

Xiaomi pada posisi keempat dengan 1,3 juta unit penjualan. Kontribusi signifikan datang dari segmen low-end dan mid-range, Redmi Note 11 dan Poco M4 Pro. Posisi kelima dimiliki produsen asal China Realme dengan penjualan 1,1 juta unit di kuartal I 2022.
Provider

Hasil survei Populix juga menunjukkan mayoritas orang Indonesia masih memilih Telkomsel (46 persen) sebagai operator seluler yang paling banyak digunakan. Indosat Ooredoo Hutchison mengikuti dengan angka 33 persen, XL Axiata (17 persen), dan Smartfren (4 persen).

Pada survei 2020, Telkomsel juga menempati posisi pertama sebagai provider yang banyak digunakan, diikuti oleh 3 (Tri), Indosat Ooredoo, dan XL.

"Hal ini menunjukkan bahwa Telkomsel berhasil mempertahankan posisinya sebagai operator seluler teratas hingga saat ini," menurut Populix.


CNNI/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ayo Buruan Daftarkan Diri Anda! Bawaslu Subang Rekrutmen Pengawas ADHOC Khusus Panwaslu Kecamatan di Pilkada 2024

Koordinator Divisi SDM organisasi Diklat Bawaslu, ketua Pokja Rekrutmen panwascam pilkada Subang 2024 Imanuddin Subang, JMI – D...