WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Prabowo Nyatakan Nyapres Di 2024 Di Hadapan Publik


J
AKARTA, JMI  -- Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan akan mencalonkan diri lagi menjadi presiden di Pilpres 2024. Keputusan itu disampaikan Prabowo di depan ribuan kadernya saat rapimnas di SICC Sentul, Bogor, Jawa Barat. Lantas siapa yang akan menjadi lawan terberat Prabowo di 2024?

Direktur Eksekutif Paremeter Politik Indonesia Adi Prayitno awalnya menjelaskan partai terberat yang akan jadi lawan politik Gerindra di 2024 adalah PDIP. Adi menyinggung ambisi PDIP untuk menang kembali di 2024.

"Lawan utama Prabowo tentu sangat mungkin dari PDIP. Karena di pilpres 2024 PDIP mengincar hattrick, menang 3 kali berturut-turut yang itu artinya tak mungkin PDIP hanya majukan calon sebagai cawapres. Berat bagi Prabowo kalau harus berhadapan lagi dengan PDIP," kata Adi saat dihubungi, Sabtu (13/8/2022).

Kemudian, Adi Prayitno membeberkan tokoh-tokoh yang mungkin akan jadi lawan Prabowo di 2024. Dari PDIP yang paling mungkin adalah Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

"PDIP punya dua jagoan yang sangat mungkin diusung. Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Dua nama yang masuk nominator capres versi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Puan punya akses ke elit dan mesin partai mengingat posisinya sebagai trah Soekarno dan pengurus DPP. Ganjar penerimaan publiknya bagus dan punya elektabilitas yang memadai," ucapnya.

Kemudian, lawan terberat kedua Prabowo yakni dari poros koalisi NasDem, PKS, dan Demokrat. Menurutnya, poros koalisi itu akan mengusung Anies Baswedan di 2024 untuk melawan Prabowo.

"Sementara dari poros NasDem, PKS, Demokrat sangat mungkin usung Anies Baswedan. Nama Anies jadi titik perekat ketiga partai berkoalisi. Semangatnya sama, ingin ganti presiden dengan rezim baru di 2024," ujarnya.

Lebih lanjut, Adi menilai lawan ketiga Prabowo di 2024 adalah Airlangga Hartarto. Dia menyebut Airlangga Hartarto akan menjadi lawan Prabowo jika PAN dan PPP setuju mengusung Ketum Partai Golkar tersebut.

"Sementara KIB sangat mungkin memajukan Airlangga Hartarto dengan catatan PAN dan PPP setuju. Koalisi terancam bubar jika capres yang akan diusung nanti tak disepakati bersama karena elektabilitasnya rendah. Ini ujian sesungguhnya KIB," tuturnya.

Meski begitu, Adi meyakini peta politik tersebut masih bisa berubah jika pada akhirnya yang menjadi satu-satunya lawan Prabowo adalah Anies Baswedan. Dia meyakini Anies merupakan sosok yang paling patut dikhawatirkan oleh Prabowo di 2024.

"Tapi semua peta politik bakal berubah total jika pada akhirnya NasDem bisa bikin poros dengan PKS dan Demokrat memajukan Anies Baswedan. Apapun judulnya Anies adalah sosok yang paling dikhawatirkan bisa maju dan relatif dapat dukungan publik di 2024. Maka, saya cukup meyakini nantinya poros Gerindra-PKB, KIB, dan PDIP sangat mungkin melebur dan menyatu. Perekatnya tentu sama-sama partai koalisional Jokowi yang semangatnya menjegal Anies menang," jelasnya.

Prabowo Nyatakan Siap Maju Capres

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menyatakan siap maju capres di Pilpres 2024. Prabowo menerima permintaan para kader yang selama ini mengerahkan dukungan agar sang ketum kembali maju nyapres untuk yang ketiga kalinya.

"Saudara-saudara dengan demikian dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim setelah saya mempelajari dan mendengarkan dengan seksama, sikap setiap DPD dan setiap sayap partai, yang mengharapkan saya untuk menerima pencalonan sebagai presiden Republik Indonesia tahun 2024," kata Prabowo di SICC, Sentul, Jawa Barat, Jumat (12/8).

"Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan Saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai claon presiden Indonesia," kata Prabowo

Diketahui, Rapimnas Gerindra digelar di SICC, Sentul, Jumat-Sabtu, 12-13 Agustus 2022. Rapimnas itu mengagendakan Prabowo memberikan jawaban atas permintaan kader agar maju capres pada Jumat malam. Sementara, deklarasi koalisi dan deklarasi Prabowo sebagai capres usungan Gerindra akan digelar Sabtu siang.


DTK/JMI/RED

 

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KB FKPPI 10.05.01 Rayon Bogor Selatan Melakukan Kunjungan Muspika kecamatan Bogor Selatan

Bogor Kota JMI,  Pengurus KB FKPPI 10.05.01 Rayon Bogor Selatan melakukan kunjungan ke Muspika kecamatan Bogor Selatan guna mempererat tali ...