WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Respons Dinkes Soal Kasus Aktif Covid Jakarta Tembus 21.419


JAKARTA, JMI
 -- Dinas Kesehatan DKI Jakarta buka suara ihwal jumlah kasus aktif virus corona (Covid-19) di Ibu Kota kembali meningkat. Berdasarkan data Dinkes, sampai dengan Kamis (4/8) jumlah kasus aktif di Jakarta mencapai 21.419 kasus.

"Kalau kasus aktif kan dia kumulatif dari semua kasus yang mulai didiagnosis dalam 10 hari terakhir," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Dwi Oktaviani saat dihubungi, Jumat (5/8),

Dwi mengatakan saat ini tingkat penularan Covid di Jakarta memang meningkat. Dari catatan Dinkes, dalam beberapa waktu terakhir, penambahan kasus mencapai sekitar 2.000 kasus per hari.

Menurut dia untuk menurunkan kasus aktif itu memang bertahap. Kendati begitu, Dwi meminta masyarakat tetap mengenakan masker dan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku untuk bisa memutus mata rantai penularan.

"Yang penting, tentu untuk bisa memutus rantai penularan adalah kita semua pakai masker, jaga prokes dan kemudian menjaga jarak, walaupun kita tahu sekarang kita sudah bisa beroperasi 100 persen semuanya," ujar Dwi.

Menurut Dwi hal itu harus tetap dilakukan untuk mencegah penularan. Di sisi lain, ia meminta warga juga mengikuti program vaksin Covid-19.

"Kalau rumusan itu bisa kita kerjakan, maka kasus akan berkurang, karena ruang gerak penularannya juga akan berhenti," jelas Dwi.

"Nah sambil tentu vaksinasinya masih terus, karena tentu vaksinasi itu yang mencegah jangan sampai Covid menjadi buruk pada saat tertular," imbuhnya.

Dwi menambahkan pihaknya juga terus mengejar capaian vaksin booster. Pasalnya, sampai saat ini capaian vaksin booster di Jakarta baru sekitar 54 persen.

"Prinsipnya booster-nya dikejar, karena dengan booster orang akan berkurang resiko Covid berat, sehingga booster-nya perlu kita dorong supaya tinggi," kata Dwi.

"Kalau untuk menurunkan kasus memang akan bertahap, tidak akan bisa langsung drastis, karena orang ada proses penularan, tertular baru muncul gejala setelah beberapa hari," ujarnya.

Berdasarkan data Dinkes DKI, total kasus positif Covid di Jakarta sejak awal sampai Kamis (4/8) mencapai 1.339.662 kasus.

Dari jumlah itu, sebanyak 1.302.829 dinyatakan sembuh dan 15.414 meninggal dunia. Dengan demikian, jumlah kasus aktif sampai dengan kemarin sebanyak 21.419 kasus.


CNNI/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Sejumlah Eks Napiter Akan Ikrar Setia NKRI di Hari Kemerdekaan

PALU, JMI - Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77 tahun. Sejumlah eks Napiter (Narapidana Teroris) ...