WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Susunan Acara Upacara 17 Agustus HUT RI, Bisa Diterapkan di Sekolah


Jakarta JMI
- Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) hanya tinggal menghitung hari. Jatuh pada tanggal 17 Agustus, upacara bendera akan digelar di berbagai instansi, perusahaan bahkan sekolah sekali pun. Susunan acara upacara 17 Agustus ini bisa diterapkan guru dan siswa di sekolah.

Berbeda dengan upacara hari Senin, pada upacara bendera HUT RI biasanya di susunan acara terdapat 'Detik-detik Proklamasi dan Pembacaan Teks Proklamasi'.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor B737/M/S/TU.00.04/08/2022 pada 6 Agustus 2022 lalu terkait Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2022.

Pada SE tersebut dijabarkan terkait susunan acara upacara 17 Agustus dan beberapa pedoman lainnya untuk mencapai kekhidmatan HUT RI ke-77.


Susunan Acara Upacara 17 Agustus HUT RI

1.    Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara;

2.    Pembina upacara tiba di tempat upacara;

3.    Penghormatan kepada pembina upacara;

4.    Laporan pemimpin upacara;

5.    Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korsik/paduan suara;

6.    Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara;

7.    Pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara;

8.    Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;

9.    Pembacaan Keputusan Presiden RI tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dan pemberian piagam kepada penerima Satyalancana Karya Satya (jika ada);

10.  Amanat pembina upacara;

11.  Pembacaan doa (Sebelum pembacaan doa, diharapkan agar petugas pembaca doa menjelaskan bahwa doa upacara dibacakan secara agama Islam, dan mempersilahkan kepada peserta upacara yang tidak beragama Islam untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.)

12.  Laporan pemimpin upacara;

13.  Penghormatan kepada pembina upacara;

14.  Pembina upacara meninggalkan mimbar upacara; dan

15.  Upacara selesai, barisan dibubarkan.


Imbauan Menghentikan Aktivitas di Jam Tertentu Pada HUT RI
Selain menjabarkan susunan upacara bendera HUT RI yang ke-77, pemerintah mengimbau masyarakat untuk menghentikan aktivitasnya sejenak pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 10.17 WIB, 11.17 WITA dan 12.17 WIT.

Setelah itu, masyarakat diminta melakukan beberapa hal sebagai tanda penghormatan terhadap Hari Kemerdekaan Indonesia, yaitu:

·    Berdiri tegap saat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang secara serentak di berbagai lokasi hingga pelosok daerah

 

·    Pengecualian menghentikan aktivitas sejenak berlaku bagi warga dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan

 

·    Para pimpinan satuan kerja di daerah agar membantu keberhasilan pelaksanaan hal tersebut di daerahnya masing-masing, antara lain dengan memperdengarkan sirine atau suara penanda lain sesaat sebelum lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19

 

·    Pada tanggal 16 Agustus 2022 agar masyarakat mengikuti siaran langsung pidato Presiden Republik Indonesia melalui berbagai kanal media (televisi, radio, dan media daring lainnya)

Nah, itulah susunan acara upacara 17 Agustus pada HUT RI beserta beberapa imbauan sesuai SE Kemensetneg.


Dtk/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ratusan Rumah di Jatim Masih Banyak Yang Belum Menikmati Listrik

Nurkholis selaku   Kepala Dinas Sumber Energi dan Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Jawa Timur JATIM, JMI – Nurkholis selaku Kepala Dinas Sumbe...