WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

AS Jualan Senjata ke Taiwan, China Langsung Siapkan Langkah Balasan


JMI
- Rencana Pemerintah Amerika Serikat untuk menjual senjata ke Taiwan telah mengundang reaksi marah dari China.

Lewat sebuah pernyataan yang disampaikan juru bicara Kedutaan Besar China di Washington Liu Pengyu di akun Twitternya, China mengecam langkah tersebut.

"China akan dengan tegas mengambil tindakan balasan yang sah dan diperlukan sehubungan dengan perkembangan situasi," kata Liu, seperti dikutip dari CGTN, Senin (5/9).

Pernyataan Liu datang setelah Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan Pentagon mengumumkan pada Jumat (2/9) bahwa Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui penjualan 60 rudal anti-kapal, 100 rudal udara-ke-udara dan dukungan logistik kontraktor ke Taiwan dalam kesepakatan senilai 1,1 miliar dolar AS. 

Menyebut bahwa Taiwan adalah bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah China, juru bicara itu mengatakan bahwa Amerika Serikat ikut campur dalam urusan internal China dan merusak kedaulatan dan kepentingan keamanan China dengan menjual senjata ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

"Langkah itu bertentangan dengan hukum internasional dan prinsip-prinsip dasar hubungan internasional, dan melanggar prinsip satu-China dan ketentuan dari tiga komunike bersama China-AS, khususnya komunike 17 Agustus," tegas Liu. 

RMOL/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ketua KNPB Mimika Ditangkap Terkait Suplai Senjata Ilegal ke KKB Papua

gambar hanya ilustrasi JAKARTA, JMI -- Satgas Ops Damai Cartenz  kembali menangkap dua tersangka dalam kasus dugaan suplai senjata dan amuni...