WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Hingga Juni 2022, 274 Balita Indonesia Terkena HIV


JAKARTA, JMI
- Penyakit infeksi human immunodeficiency virus (HIV) tidak hanya menyerang orang dewasa. Bayi yang baru lahir juga bisa terkena HIV. 

Ketua Satgas HIV Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Endah Citraresmi mengatakan, hingga Juni 2022 sebanyak 274 anak usia kurang dari 4 tahun menderita HIV. 

"Data ini menunjukkan bukan hanya orang dewasa, tapi yang baru lahir pun bisa kena HIV yang ditularkan orang tua mereka," kata Endah dalam keterangannya, Senin (5/9). 

Data ini adalah data teranyar kasus HIV anak dari Januari hingga Juni 2022. Bukan hanya anak usia kurang dari empat tahun, anak usia 5 hingga 14 tahun pun banyak yang terpapar HIV. 

Terjadi Juga pada Remaja

Tak cuma kelompok balita. Usia anak hingga remaja pun rentan terkena HIV. IDAI mencatat, total kasus anak terinfeksi HIV pada usia 5 hingga 14 tahun sebanyak 173 orang.

Sementara kasus tertinggi hingga Juni 2022 ini didominasi oleh anak usia 15 hingga 19 tahun dengan total kasus sebanyak 741 anak. 

"Mereka masuknya golongan remaja, dan memang penularan bisa melalui medium apa saja di usia segitu. Bisa memang dari ayah atau ibunya, bisa juga karena seks bebas dan penggunaan narkoba," kata dia.

Endah pun menyebut, edukasi tentang penyakit ini perlu ditingkatkan. Terutama bagi anak remaja yang baru memasuki dunia luar. 

Selain itu, seks edukasi juga penting diterapkan sejak dini. Ini bukan hanya mencegah penyakit HIV, tapi juga menangkal penularan penyakit lainnya.

tst/as/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KB FKPPI 10.05.01 Rayon Bogor Selatan Melakukan Kunjungan Muspika kecamatan Bogor Selatan

Bogor Kota JMI,  Pengurus KB FKPPI 10.05.01 Rayon Bogor Selatan melakukan kunjungan ke Muspika kecamatan Bogor Selatan guna mempererat tali ...