WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kemenkes Datangkan Sekitar 2000 Dosis Vaksin Cacar Monyet di Akhir Tahun Ini


JAKARTA, JMI
-- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah membeli 2000 dosis vaksin cacar monyet (Monkeypox) dari Denmark, Bavarian Nordic. Vaksin tersebut diharapkan datang pada akhir tahun ini.

"Kita memesan sekitar 2000 dosis, kita sudah kontrak dalam waktu dekat (akan datang), kita harapkan akhir tahun ini," kata Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Rizka Andalucia di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan, Kamis (15/9).

Menteri Kesehatan Budi Guna Sadikin juga menjelaskan nantinya vaksin itu akan diperuntukkan bagi kelompok yang berisiko tinggi.

"Sebentar lagi akan datang tapi itu sangat terbatas kita berikan ke orang-orang yang berisiko," tegas Menkes.

Kelompok dengan risiko tinggi yang dimaksud ini adalah orang dengan gangguan imunitas. Ia juga menyebut akan kembali melihat populasi orang-orang yang memerlukan vaksinasi ini.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah memasang target alokasi sekitar 10 ribu vaksin cacar monyet diperuntukkan bagi penyintas, kontak erat pasien, hingga warga yang memiliki risiko tinggi terpapar cacar monyet.

"Kita lagi penjajakan. Kalau memang nanti ternyata berkembang kita sudah menyiapkan itu. Tahap persiapannya ada dua ya, satu harus melalui kajian ITAGI, kita tidak boleh tau-tau vaksin. Yang kedua rekomendasi dari BPOM," kata Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril di Gedung Dr R Soeharto, Jakarta Pusat, Selasa (30/8).

Syahril mengakui pengadaan vaksin cacar monyet terbatas lantaran merujuk tingkat penularan cacar monyet. Menurutnya, penyakit ini bukan penyakit dengan tingkat penularan tinggi seperti virus corona (Covid-19).

Selain itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) hingga kini juga belum mengeluarkan rekomendasi vaksinasi massal seperti vaksinasi untuk meminimalisir penularan virus corona (Covid-19). Namun, sudah ada dua negara yang melakukan vaksinasi cacar monyet kepada warganya.

 

CNNI/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KPU Subang Buka Sayembara, Umumkan Pembuatan Maskot dan Jingle Pilkada 2024, Berikut Ini Ketentuan dan Syaratnya

Subang, JMI – Komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Subang mengadakan sayembara pembuatan maskot dan jingle pemilihan Bupati da...