WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

KPK Akan Usut Aliran Uang Gubernur Lukas Enembe ke Rumah Judi

Gubernur Papua Lukas Enembe

JAKARTA, JMI
- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengusut aliran uang Gubernur Papua Lukas Enembe. Pengusutan ini dilakukan juga untuk membuktikan kabar adanya aliran uang Gubernur Lukas Enembe ke rumah judi. 

"Sejauh mana rekening-rekening yang bersangkutan itu, aliran-aliran dana dari yang bersangkutan, apakah ada aliran dana yang sampai ke rumah judi, misalnya, itu tentu informasi-informasi tersebut yang tentu akan didalami dalam proses penyidikan," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, Kamis (15/9/2022). 

1. KPK minta bantuan PPATK dalam mengusut aliran uang Gubernur Lukas Enembe 

KPK meminta bantuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mengusut aliran uang Gubernur Lukas Enembe. PPATK diketahui telah memblokir rekening Lukas usai politikus Demokrat itu jadi tersangka dugaan korupsi. 

"Saya yakin, ketika dalan proses penyidikan dan sudah ada upaya paksa proses penggeledahan penyitaan itu akan berkembang di dalam penanganan perkara ini," kata Alex. 

2. Lukas Enembe sudah jadi tersangka dugaan korupsi 

KPK membenarkan bahwa Lukas telah berstatus tersangka. Namun, KPK belum melakukan penahanan dan merinci perkaranya. 

"Benar bahwa KPK sudah menetapkan LE sebagai tersangka dan proses penyidikan berjalan," ujar Alex dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan, Rabu (14/9/2022). 

3. Lukas Enembe sudah dicegah ke luar negeri hingga Maret 2023 

Diketahui, KPK meminta Ditjen Imigrasi mencegah Gubernur Papua Lukas Enembe selama enam bulan. Ketua DPD Partai Demokrat Papua itu dilarang meninggalkan Indonesia hingga 7 Maret 2023. 

Lukas Enembe juga telah dipanggil KPK di Mako Brimob Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi. Namun yang bersangkutan berhalangan hadir dan diwakili oleh Koordinator Tim Kuasa Hukum Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening. 

idnt/jmi/red

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ayo Buruan Daftarkan Diri Anda! Bawaslu Subang Rekrutmen Pengawas ADHOC Khusus Panwaslu Kecamatan di Pilkada 2024

Koordinator Divisi SDM organisasi Diklat Bawaslu, ketua Pokja Rekrutmen panwascam pilkada Subang 2024 Imanuddin Subang, JMI – D...