WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kunjungan dalam Penilaian Tim CSS XX Ke RSUD Balaraja

TANGERANG, JMI - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balaraja memamerkan beragam inovasi dan capaian kinerjanya di hadapan peserta City Sannitation Summit (CSS) ke-20. Pemaparan tersebut disampaikan Direktur RSUD Balaraja, dr. Hj. Reniati M.Kes, saat peserta CSS ke-20 melakukan kunjungan ke rumah sakit tersebut.

Salah satu program unggulan yang dipaparkan adalah inovasi Rumah Sakit Berwawasan Lingkungan dan Asri yang disingkat dengan Rusa Berlari. Di antaranya, pengelolaan limbah medis yang bernilai ekonomis dan daur ulang air limbah untuk penyiraman tanaman. Inovasi Rusa Berlari ini dilakukan guna mendukung penerapan Green Hospital di Indonesia.

“Dalam inovasi ini (Rusa Berlari), kami berusaha untuk mengembangkan pengelolaan limbah medis yang bernilai ekonomis, melakukan daur ulang air limbah untuk penyiraman tanaman, pemanfaatan lahan kosong, dan juga melakukan penghijauan dengan memanfaatkan lahan kosong dengan penanaman pohon peneduh dan juga hidroponik,” ucapnya saat memberikan paparan kepada peserta CSS XX, Rabu (07/09/2022).
RSUD Balaraja Pamer Inovasi “Rusa Berlari” ke Peserta CSS Ke-20 Kunjungan ke RSUD tersebut masih dalam rangkaian kegiatan CSS ke-20 di City Sanitation Summit (CSS) XX di ICE BSD, Tangerang, Rabu (7/9). Dalam acara tersebut juga dilakukan musyawarah nasional (munas) yang memilih Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar sebagai Ketua Umum Aliansi Kota-Kabupaten Peduli Sanitasi (AKKOPSI) secara aklamasi. Bupati Zaki menggantikan ketua umum sebelumnya.

Di lain kesempatan H Yayat Rohiman selaku camat Balaraja mengungkapkan bahwa hari ini kunjungan dari CSS XX dan pesertanya itu dari kepala daerah dan OPD tingkat luar baik kabupaten atau kota seluruh Indonesia, kunjungan ini ada 3 tempat dan salah satunya yaitu RSUD Balaraja.

"Kabupaten Tangerang ini menjadi percontohan untuk pelaksanaan sanitasi di wilayah kabupaten, peserta CSS XX akan meng adop atau mencontoh keberhasilan kabupaten Tangerang di bidang sanitasi lingkungan, baik yang ada di rumah sakit, sekolah dan pesantren", ucap Camat.

"Dalam bidang sanitasi keberhasilan kabupaten Tangerang bisa di contoh oleh kabupaten, kota di seluruh Indonesia ", pungkasnya.

Dewa/JMI/Red
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ketua KNPB Mimika Ditangkap Terkait Suplai Senjata Ilegal ke KKB Papua

gambar hanya ilustrasi JAKARTA, JMI -- Satgas Ops Damai Cartenz  kembali menangkap dua tersangka dalam kasus dugaan suplai senjata dan amuni...