WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Rupiah Menjulang ke Rp15.236 per Dolar AS, Tercatat Tertinggi Tahun Ini

Rupiah tembus Rp15.236 per dolar AS atau level tertinggi sepanjang tahun ini/tempo.co

JAKARTA, JMI
-- Nilai tukar rupiah tembus Rp15.236 per dolar AS pukul 10.41 WIB pada perdagangan Rabu (28/9). Angka itu merupakan level tertinggi pada tahun ini.

Mata uang garuda tercatat melemah 110 poin atau 0,73 persen dibandingkan perdagangan sebelumnya. Pagi ini, rupiah sudah bergerak dalam rentang Rp15.165-Rp15.264 per dolar AS.

"Rupiah saat ini di Rp15.236 per dolar AS. Ada kemungkinan rupiah dalam bulan ini tembus Rp15.400 per dolar AS," ungkap Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi kepada media, Rabu (28/9).

Rupiah melemah bersama mayoritas mata uang di Asia. Jika dirinci, baht Thailand melemah 0,22 persen, peso Filipina melemah 0,03 persen, won Korea Selatan melemah 1,13 persen, dan yuan China melemah 0,59 persen

Dolar Singapura juga melemah 0,45 persen dan dolar Hong Kong terpantau stagnan pada pembukaan perdagangan pagi ini.

Sementara, Senior Analis DCFX Lukman Leong memperkirakan rupiah semakin lesu hari ini. Sebab, The Fed kembali memberikan sinyal akan menaikkan suku bunga acuan tahun depan.

"Gubernur The Fed Minneapolis Neel Kashkari menghendaki kenaikan suku bunga acuan lebih banyak untuk melawan inflasi. Hal ini menyebabkan sentimen risk off pada investor," ujar Lukman.

Ketika The Fed mengerek suku bunga acuan, maka dolar AS otomatis semakin perkasa. Hal itu akan membuat sebagian besar mata uang termasuk rupiah melemah.

Lukman memproyeksi rupiah bergerak dalam rentang support Rp15.100 per dolar AS dan resistance Rp15.200 per dolar AS hari ini.

 

CNNI/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jendral Andika ; Kasus Paspampres Bukan Asusila Tapi Suka Sama Suka

Panglima TNI Jendral Andika Konfirmasi atas kasus asusila yang terjadi pada perwira menangah atas Paspamres di acara G20 Bali/net JAKARTA, J...