WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Tabloid Anies Baswedan Disebar di Masjid Kota Malang saat Salat Jumat


Kota Malang JMI,
 Jemaah Masjid Al Amin, Kota Malang dikagetkan dengan selebaran tabloid berisi kesuksesan Anies Baswedan. Tabloid dengan sampul foto Anies ini dibagikan kepada jemaah di masjid tersebut. Pembagian tabloid dilakukan saat salat Jumat.

Adanya pembagian tabloid dengan judul halaman depan 'MENGAPA HARUS ANIES?' ini banyak diketahui warga yang tinggal dekat Masjid Al Amin. Salah satu warga mengungkapkan, saat pulang salat Jumat, banyak jemaah menenteng koran saat kembali pulang ke rumah masing-masing.

"Memang iya, ada pembagian koran berisi Pak Anies Baswedan. Semuanya dapat yang pulang dari jumatan," kata seorang ibu yang tinggal di dalam gang sebelah barat masjid dan tak mau namanya ditulis kepada detikJatim, Senin (19/9/2022).

Kendati demikian, meski memperoleh koran atau tabloid bergambar foto Anies Baswedan itu, warga tak begitu mempedulikannya.

"Hanya saya bawa, memang iya ada foto Pak Anies itu," kata Suroso, pemilik bengkel di timur masjid.

Sebelumnya, adanya pembagian tabloid ini sempat viral di salah satu akun Twitter @AkuAtikaFaya. Perempuan yang disapa Atika ini membagikan unggahan beberapa foto tabloid bergambar Anies. detikJatim telah menghubungi akun tersebut dan membenarkan perihal penyebaran tabloid tersebut.

"Yang dapat langsung tabloid itu suaminya saya, pas salat jumat kemarin (16/9). Saya unggah di Twitter atas seizin suami," ungkap Atika melalui Direct Message (DM) Twitter, Senin (19/9/2022).

Atika mengaku terkejut saat suaminya membawa pulang tabloid ber-cover Anies usai salat Jumat. Menurut Atika, ada beberapa eksemplar tabloid yang ditaruh di tempat khotbah. Setelah itu, tabloid juga dibagikan kepada jemaah selepas salat Jumat. Kendati begitu, kata Atika, tidak ada ajakan atau anjuran saat tabloid tersebut dibagikan.

"Seperti yang saya posting, ada beberapa pengurus masjid mengambil beberapa eksemplar tabloid dari tempat khotbah dan kemudian dibagikan kepada jemaah sepulang salat jumat. Gitu aja, tidak ada ajakan atau anjuran apa-apa. Saat khotbah juga biasa, nggak ada pembahasan di luar khotbah Jumat," terangnya.


Dia melanjutkan, hampir seluruh jemaah salat jumat Masjid Al Amin mendapatkan tabloid itu. Semuanya dibagikan kepada orang dewasa. "Kata suami jumlah tabloid hampir semua jemaah dapat. Kecuali anak-anak tidak dapat," tegasnya.

Jika dilihat, tabloid bernama KBAnewspaper berisi 12 halaman. Tabloid yang disebar di masjid tersebut edisi cetak 28 Februari 2022. Cover-nya memajang foto Anies. Seluruh isi kontennya mengulas soal Anies Baswedan.

Di boks redaksi tabloid tersebut tertera nama Ramadhan Pohan sebagai Founder/CEO. Namun, tidak ada alamat jelas di mana kantor tabloid itu.

Beberapa Media Online sudah berusaha mencari takmir Masjid Al Amin untuk mengonfirmasi adanya pembagian tabloid itu. Namun, sayangnya ketua takmir maupun sekretaris sedang bekerja.

Media mencoba mendatangi rumah marbut yang berada di gang belakang Masjid Al Amin. Di sana cuma ada perempuan yang akrab disapa Bu Yun. Bu Yun adalah istri dari marbut masjid.

"Maaf bapak lagi sakit, kalau tanya soal itu (tabloid) ke takmir saja," kata Bu Yun.


dtk/JMI/Red.



Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ketua KNPB Mimika Ditangkap Terkait Suplai Senjata Ilegal ke KKB Papua

gambar hanya ilustrasi JAKARTA, JMI -- Satgas Ops Damai Cartenz  kembali menangkap dua tersangka dalam kasus dugaan suplai senjata dan amuni...