WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Wapres : Pj Gubernur Pengganti Anies Pernah Tugas di DKI

presiden Ma'ruf Amin mengatakan bahwa untuk menjabat sebagai gubernur DKI harus mengetahui semua hal tentang JAKARTA (inews.id)

JAKARTA, JMI
 -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah akan menunjuk sosok yang pernah berkecimpung di DKI Jakarta untuk menjabat sebagai penjabat (Pj) Gubernur DKI menggantikan Anies Baswedan.

"Tentu pemerintah akan memilih orang yang bisa memahami Jakarta, orang yang pernah berkecimpung di Jakarta, dan tahu persis soal Jakarta," kata Ma'ruf di Pontianak, Kalimantan Barat dalam rekaman suara yang diterima, Kamis (22/9).

Ma'ruf berharap sosok yang menjabat sebagai Pj gubernur DKI nantinya memahami seluk beluk Ibu Kota. Baginya, bila tak tahu kondisi Jakarta pasti akan sulit menjalankan pemerintahannya nantinya.

"Kalau tidak tahu Jakarta kan akan sulit, barangkali itu dan prosesnya seperti biasa melalui penetapan," ujarnya.

Di sisi lain, Ma'ruf mengatakan tak ada perbedaan proses dan aturan ketika pemerintah memilih sosok yang akan jabat Pj Gubernur DKI Jakarta. Aturan itu pula yang digunakan pemerintah ketika memilih Pj gubernur dari berbagai daerah lain beberapa waktu lalu.

"Kan sudah ada kemarin Banten, Bangka Belitung, kemudian mana lagi, Aceh, itu sudah berjalan. Nanti periode berikutnya nanti beberapa daerah termasuk DKI. Saya kira prosesnya akan sama," katanya.

DPRD DKI Jakarta mengusulkan tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta ke Kemendagri. Mereka adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar.

Sebelum menjabat Kasetpres, Heru sempat duduk diberbagai kursi jabatan di DKI Jakarta. Ia menjadi Wali Kota Jakarta Utara usai ditunjuk oleh Joko Widodo (Jokowi) yang kala itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI.

Sementara Marullah Matali kini masih menjabat sebagai Sekda DKI Jakarta sejak Januari 2021. Dirinya dipilih oleh Anies untuk menggantikan Sekda DKI sebelumnya, yakni Saefullah yang meninggal akibat virus Covid-19.

Lalu, Bahtiar kini menjabat sebagai Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri sejak 2020. Bahtiar merupakan birokrat di Kemendagri. Bahtiar pernah menjabat sebagai Pj Gubernur Kepulauan Riau.

 

CNNI/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KB FKPPI 10.05.01 Rayon Bogor Selatan Melakukan Kunjungan Muspika kecamatan Bogor Selatan

Bogor Kota JMI,  Pengurus KB FKPPI 10.05.01 Rayon Bogor Selatan melakukan kunjungan ke Muspika kecamatan Bogor Selatan guna mempererat tali ...