WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

WHO Himbau Negara Kaya Tetap Membantu Negara Lain Keluar dari Pandemi Covid-19

Senior penasihat WHO, Bruce Aylward/Net

JAKARTA, JMI
-- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan kepada negara-negara maju yang mengklaim pandemi sudah berakhir di negaranya, untuk tetap memperhatikan serta membantu negara lainnya yang berpenghasilan rendah agar juga bisa keluar dari wabah tersebut. 

Berbicara dalam sebuah wawancara, Bruce Aylward, penasihat senior WHO, memperingatkan bahwa negara-negara kaya tidak boleh mundur dalam menangani Covid-19 sebagai masalah global, sebelum gelombang infeksi dapat kembali datang di masa depan.

Pekan lalu Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus sempat menyinggung akhir pandemi Covid-19 sudah di depan mata.  Namun ia menyebut pandemi belum benar-benar berakhir. Menyusul pernyataan itu, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden baru-baru ini mengatakan bahwa pandemi sudah berakhir di negaranya.

Atas hal tersebut, Alyward menyerukan agar negara-negara yang mengklaim pandemi telah berakhir dapat segera membantu menyelesaikan pandemi di belahan negara lainnya, yang masih sangat jauh mencapai titik itu.

Dalam wawancara tersebut, ia menyinggung, pernyataan Biden memang ada benarnya. Sebab, AS memiliki akses yang baik ke semua alat penanganan pandemi Covid-19.

Aylward menyoroti pada tim yang dikoordinasikannya, yang fokus pada akses penyebaran vaksin, perawatan, serta alat tes Covid-19 di seluruh dunia yang terlihat belum siap untuk keluar dari fase darurat penanganan pandemi. Menurutnya, negara-negara harus siap dan memiliki perawatan di tempat untuk setiap gelombang infeksi lebih lanjut.

"Jika Anda pergi tidur sekarang kemudian gelombang (Covid-19 kembali) menghantam kita dalam tiga bulan ke depan, ya Tuhan, (ibarat) ada darah di tangan Anda," ujar Aylward yang dimuat Reuters pada Sabtu (24/9), ia kembali menegaskan bahwa kini bukan waktunya bagi negara-negara kaya bersantai menghadapi pandemi Covid-19.

Menurutnya, dukungan penanganan pandemi Covid global akan segera runtuh, begitu negara-negara serta industri lainnya juga berpikir pandemi telah berakhir dan menghentikan bantuannya.

 

RMOL/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Lelang Khas Tanah Desa Sambung 2024 Penuh Dengan Antusias Warga

GROBOGAN, JMI - Dalam upaya memenuhi anggaran pandapatan dan belanja desa tahun 2024,Pemerintah Desa Sambung Kecamatan Godong K...