WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bahaya Covid-19 Subvarian XBB, Kini Masuk ke Indonesia Masyarakat di Harap Waspada !


JAKARTA, JMI
--  Baru-Baru ini Subvarian XBB Corona merebak masuk ke Indonesia, situasi ini disebut mengkhawatirkan di tengah situasi pandemi sudah meredah, terlebih subvarian corona XBB tersebut meningkatkan angka yang tertular virus corona di 24 Negara belakangan ini.

Subvarian XBB dikatakan masuk Indonesia melalui  seorang perempuan berusia 29 tahun yang baru saja kembali dari Lombok, nusa tenggara barat.

Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin subvarian XBB telah mangalami lonjakan infeksi di singapura sebanyak 6000 kasus per-hari.

Kemenkes RI menghimbau agar masyarakat untuk tidak khawatir lantaran Indonesia memiliki system penanganan covid yang sudah teruji. Terbukti masih stabil dan tidak mencuat naik, kasus covid 19 di Indonesia ini dari bulan juli sampai agustus 2022 walaupun varian baru sudah masuk di Indonesia.

"Kita beruntung karena vaksinasi kita sangat baik, sehingga imunitas kita sudah baik. Dan juga protokol kesehatan kita relatif baik, masyarakat kita masih pakai masker," ujarnya.

Lalu seberapa bahaya subvarian XBB covid-19 yang baru ini ?

Jurubicara covid-19 Kementerian Kesehatan Dr.M Syahril mengatakan subvarian baru ini sangat cepat menular tetapi fatalitasnya tidak se bahaya subvarian omicron.

Meski demikian masyarakat di tetapkan harus selalu waspada dengan penularan covid-19 jenis varian tersebut karena mutasi varian baru berpotensi akan terus terjadi.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mencatat subvarian XBB memiliki gejala meliputi demam atau kedinginan, batuk, sesak napas, kesulitan bernapas atau kelelahan.

Pasien juga dapat merasakan nyeri otot, sakit kepala, hilangnya rasa atau bau, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau pilek, mual, hingga diare. 

 

FAR/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dongkrak Perekonomian Warga, Jalan Girimukti-Jatimulya Diperbaiki

MAJALENGKA, JMI - Ruas jalan Girimukti-Jatimulya yang berada di daerah Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka kini telah ke...