WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Subang Buka Muscab APDESI IV Tekankan Keharmonisan Dengan Pemda


Subang JMI
, Acara Musyawarah Cabang IV DPC Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Subang di hadiri dan di buka langsung oleh Bupati Subang H.Ruhimat , Bertempat di Sawala Ageung Fave Hotel Subang, Rabu (19/10/2022).

Musyawarah kali ini dilaksanakan dengan salah satu agendanya adalah pemilihan Ketua Umum Apdesi Kabupaten Subang periode 2022-2027 dengan mengusung tema "Membangun Subang Jawara dari Desa".

 Ketua Panitia Penyelenggara Din Wahidin SHI.,M.Si, dalam laporannya menyampaikan seluruh pendanaan Muscab didanai oleh partisipasi seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Subang dan merupakan Muscab yang berbeda dengan Muscab sebelumnya karena pada Muscab kali ini Pemilihan Ketua Umum Apdesi dipilih secara langsung dan lebih demokratis.

"Ada perbedaan yang sangat mencolok dari musda lalu, diantaranya pemilihan diwakili oleh perwakilan Ketua DPK, alhamdulillah Musda keempat ini seluruh kepala desa hadir untuk menentukan pilihannya sekaligus para calon ketua DPC diwakili oleh 3 zona, Subang Selatan oleh Teh Nunung, Subang Tengah diwakili Kang Rosman Suganda, Zona Pantura oleh Teh Erna." ungkapnya.

Ketua Umum Apdesi Kabupaten Subang H. Lili Rusnali menyatakan rasa bangganya atas partisipasi seluruh Kepala Desa dalam Muscab kali ini.

"Saya sangat bangga kepada kepala desa yang menyempatkan hadir hari ini. Alhamdulillah hari ini bisa hadir karena sadar memilih pemimpinnya dalam 5 tahun ke depan."imbuhnya.

Lebih lanjut Lili menambahkan, dirinya beserta jajaran memohon maaf apabila dalam kepengurusannya masih banyak kekurangan.

"Saya dan jajaran pengurus yang akan purna bakti, mohon maaf apabila kurang responsif. Kami sudah bekerja dan menjalankan amanah, tapi pasti banyak kekurangan karena keterbatasan kami. Semoga ketua dan pengurus ke depannya lebih baik."harapnya.

Lili menambahkan, Apdesi Kabupaten Subang harus berterima kasih kepada Bupati Subang Ruhimat karena selalu mendukung program Apdesi demi kemajuan desa.

"Terima kasih kepada Pak Bupati atas berjalannya kepengurusan Apdesi. Banyak Kabupaten Apdesinya tidak mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah. Alhamdulillah karena Bupati Subang H.Ruhimat Apdesi disupport sebagai buktinya Kepala desa di Subang sudah diasuransikan oleh Pemerintah Daerah lewat dana BKOD. Di Provinsi Jawa Barat hanya di Kabupaten Subang." ungkapnya.

Ketua DPD Apdesi Provinsi Jawa Barat H. Dede Kusdinar SE merasa kagum dengan keharmonisan antara Apdesi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.

"Saya bangga dan saya apresiasi sekali kepada pengurus DPC yang telah menjalankan tugas terutama dalam berkoordinasi dengan Pemerintah. Kami merasa bangga sekaligus iri, bangga melihat keharmonisan Pemda Subang dengan Apdesi Subang karena tidak semua Kabupaten demikian." kata Dede Kusdinar 

Sekjen DPP Apdesi Asep Anwar Sadat SH pada acara tersebut menyampaikan tugas Kepala Desa bukan hanya sebagai pemimpin struktural."

"Kepala Desa selain menjadi pemimpin struktural juga harus menjadi pemimpin kebudayaan karena desa memiliki peran penting bagi Negara." imbuhnya.


Asep menambahkan, desa memiliki peran yang sangat besar bagi kemajuan negara terlihat saat masa Pandemi desa menjadi penopang perekonomian negara sehingga Apdesi harus menjadi rumah juang bagi seluruh Kepala Desa untuk mewujudkan Desa Mandiri.

"Soekarno pernah bilang Indonesia tidak akan terang benderang dengan obor besar di Jakarta, tapi akan terang karena lilin-lilin kecil di desa-desa. Kemajuan Negara bergantung pada kemajuan Desa. Desa harus menjadi kekuatan ekonomi Negara. Desa lah yang relatif bertahan pada Pandemi karena di desa terdapat bahan baku dan nilai sosial yang masih tinggi. Saya berpesan mari kita satukan tekad membangun kedaulatan agar desa mampu mandiri. Mari kita bersama-sama Apdesi harus menjadi rumah juang dalam mewujudkan Desa Mandiri. Dengan Desa Mandiri maka pengelolaan sosial budaya dan lain sebagainya akan berjalan dengan baik."paparnya.

Bupati Subang Ruhimat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada DPC Apdesi Kabupaten Subang atas terselenggaranya Muscab ke-4 karenan menurutnya nya, peran Apdesi sangat penting dalam pembangunan Kabupaten Subang.

Eksistensi Apdesi sebagai mitra Pemerintah diharapkan mampu menjadi penghubung kemitraan yang saling terintegrasi antara Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Subang."imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati Subang juga mengapresiasi kepengurusan DPC Apdesi Kabupaten Subang yang akan segera berakhir.

"Kami berikan apresiasi kepemimpinan Apdesi yang lama atas kerja sama dan kekompakan pembangunan"ungkapnya.

Bupati Subang berharap, kepengurusan Apdesi Kabupaten Subang berikutnya mampu meneruskan program yang sudah ada atay bahkan mampu menjadi lebih baik.

"Sinergitas anatra kami di tingkat Kabupaten dan desa langsung terhubung demi mewujdukan hari esok yang lebih baik dalam rangka mewujudkan Subang Jawara. Saya inginkan apa yg sudah dijalankan dengan pengurus lama bisa dilanjutkan, atau bahkan bisa menjadi lebih baik."harapnya.

Bupati Subang menekankan, keharmonisan antara Pemerintah Desa melalui Apdesi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang harus terus dirawat dan ditingkatkan senagai upaya bersama memajukan Kabupaten Subang.

"Pemda menginginkan hubungan yang lebih harmonis dan lebih bersinergi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dengan Apdesi."Tegasnya.

Mengakhiri sambutannya Bupati Subang berpesan agar anggota Apdesi selalu menjaga kekompakan dan menjalankan tugas dengan amanah.

"Naon nu rek diparebutkeun antar anggota Apdesi. Mudah-mudahan siapapun yang mendapatkan amanah menjadi ketua Apdesi dapat tetap ada sinergi dan menjalankan amanah dengan baik. Semoga Apdesi DPC Kabupaten Subang menjadi lebih baik dan terjalin sinergi yang lebih baik lagi siapapun yang nanti terpilih." Tutup Bupati Subang.

Usai menyampaikan sambutannya, Bupati Subang Ruhimat secara resmi membuka Musyawarah IV DPC Apdesi Kabupaten Subang.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Subang, Dandim 0605 Subang, Sekjen DPD Apdesi, Ketua DPD Apdesi Jawa Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat,, Kasatpoldam Subang, Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Subang, Kepala Dinas PMD, dan tamu undangan lainnya.


Agus Hamdan/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Maman Imanul HAQ Komisi VIII Fraksi PKB DPR RI, Implementasi UU NO 8 Th 2016 Disabilitas dan Cegah Bencana Alam, Serta Targetkan 100 Kursi di Pileg 2024

Subang JMI - Maman Imanul Haq anggota DPR RI komisi VIIl fraksi PKB, hadir di Subang dalam rangka menghadiri Hari Distabilitas ...