WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Camat Cisoka Dorong Kader PKK Fasilitasi Perempuan Dasawisma Miliki Usaha


Kab.Tangerang JMI.
Pemerintah bersama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK) Kecamatan Cisoka menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi perempuan sebagai upaya meningkatkan pendapatan keluarga pada hari Selasa ( 25/10/2022) bertempat di aula gedung bersama keagamaan Kecamatan Cisoka, dihadiri oleh Camat Cisoka  dan ketua TP PKK Kecamatan Cisoka.

Peserta pelatihan adalah perempuan anggota kelompok dasawisma binaan TP PKK Desa berjumlah 45 (empat puluh lima) orang, sedangkan instruktur pelatihan berasal dari lembaga kursus dan pelatihan (LKP) yang memiliki kualifikasi, kompetensi dan sertifikat sebagai instruktur tata boga. Peserta dilatih oleh instruktur membuat beragam kue untuk dikonsumsi sendiri dan juga untuk dapat dijual. Selain itu peserta juga diberikan bekal berbagai cara menjual atau memasarkan produk kue yang dibuatnya. Yang terpenting, peserta juga dibangkitkan minat dan motivasi untuk berwirausaha.

Peserta pun sangat antusias dan seksama mengikuti pelatihan tersebut. Mereka pun masing-masing diberikan bahan-bahan membuat kue, seperti tepung terigu, gula, minyak goreng, dan lainnya.


Ketua TP PKK Kecamatan, Ny.Riswi Encep Sahayat mengatakan bahwa mayarakat perempuan anggota dasawisma perlu memiliki usaha untuk bersama-sama dengan suami atau kepala keluarga meningkatkan pendapatan keluarga sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan keluarga.

" Salah satu kegiatan TP PKK Kecamatan Cisoka dan TP PKK Desa antara lain Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga atau UP2K bagi anggota kelompok kecil PKK yaitu dasawisma. Harapannya anggota dasawisma memiliki usaha yang dapat membantu meningkatkan pendapatan keluarga, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga," ujar Ny.Riswi.

Sementara itu, Camat Cisoka, Encep Sahayat, mengatakan bahwa anggota dasawisma hendaknya mulai berwirausaha agar menambah pendapatan keluarga, sehingga kesejahteraan keluarga juga meningkat.

"Pemerintah Kecamatan mendorong TP PKK Kecamatan dan kader-kader PKK untuk memfasilitasi masyarakat, khususnya kaum perempuan anggota dasawisma untuk memulai dan mengembangkan usaha guna  membantu meningkatkan pendapatan keluarga, sehingga kesejahteraan keluarga juga meningkat", ucap Encep.

Dasawisma merupakan kelompok PKK lingkungan yang terdiri dari 10 (sepuluh) rumah atau keluarga yang ada di lingkungan Rukun Tetangga ( RT), sedangkan anggota dasawisma adalah warga masyarakat dari dasawisma yang bersangkutan.


Dewa/JMI/Red

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Maman Imanul HAQ Komisi VIII Fraksi PKB DPR RI, Implementasi UU NO 8 Th 2016 Disabilitas dan Cegah Bencana Alam, Serta Targetkan 100 Kursi di Pileg 2024

Subang JMI - Maman Imanul Haq anggota DPR RI komisi VIIl fraksi PKB, hadir di Subang dalam rangka menghadiri Hari Distabilitas ...