WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Dalam Rangka Memperingati HUT Ke-56 DAHANA Umumkan Pemenang Lomba Inovasi Pengelolaan Sampah

Subang JMI- Setelah melalui berbagai fase, Dewan Juri akhirnya mengumumkan Juara Lomba Inovasi Pengelolaan Sampah yang diselenggarakan oleh PT DAHANA dalam rangka memperingati HUT ke-56. Pengumuman digelar pada Puncak Apresiasi PEKAN TJSL DAHANA 2022 di Auditorium Kampus DAHANA, Subang pada Jumat, 21 Oktober 2022. 

Direktur Utama PT DAHANA, Wildan Widarman menerangkan, Lomba Inovasi Penanganan Sampah merupakan upaya DAHANA untuk mempersiapkan Subang sebagai kota baru yang bersih. Sejak awal kepindahan DAHANA ke Subang, DAHANA telah menetapkan diri untuk berpihak kepada lingkungan,"imbuhnya.


Lebih lanjut Wildan widarman menyampaikan “Sejak tahun 2012 DAHANA berpindah dari Tasikmalaya ke Subang, DAHANA berkomitmen untuk berpihak pada lingkungan, dengan membangun gedung perkantoran dengan standar green building level platinum, program penghijauan lahan kritis, hingga lomba inovasi pengelolaan sampah hari ini. Selamat kepada para pemenang dan semoga hasil inovasi ini tidak berhenti sebatas kertas perlombaan, namun juga dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari,” ungkap Wildan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang, Hidayat turut mengapresiasi inisiatif DAHANA yang menggelar Lomba Inovasi Pengelolaan Sampah. Hal ini dapat menjadi langkah untuk mempersiapkan Subang lebih baik ke depan. Apalagi saat ini Subang sedang diproyeksikan menjadi kota baru melalui program Rebana.,"tuturnya.
Hidayat menyampaikan  bahwa “Subang digadang-gadang akan menjadi pusat perekonomian baru seiring perkembangan kawasan Rebana. Oleh sebab itu, perlu kiranya kita membangun kesadaran pengelolaan sampah sejak dini, agar tidak menjadi bahaya laten bagi masyarakat dan lingkungan, kami juga berharap inovasi-inovasi pengelolaan sampah nanti dapat membuka mata kita, bahwa ada potensi ekonomi untuk masyarakat ketika sampah dikelola dengan baik,” terang Hidayat.

Lomba Inovasi Penanganan Sampah diikuti oleh puluhan peserta dari kategori SMA/SMK, Perguruan Tinggi, dan pegiat lingkungan se-Kabupaten Subang. Tim Juri yang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang, Universitas Subang, BRIN, Komunitas Pecinta Lingkungan, dan DAHANA melihat antusias peserta yang begitu tinggi dengan karya-karya yang sangat baik.

Dari hasil penilaian tim juri, terpilihlah para pemenang dengan rincian sebagai berikut, kategori SMA/SMK, Juara 1 SMAN 1 Subang dengan karya Inovasi Baterai Ramah Lingkungan dari Limbah Kulit Nanas untuk Mengatasi Masalah Limbah Elektronik, Juara 2 SMAIT As Syifa, Juara 3 SMKN 2 Subang tim-I, Harapan 1 SMKN 2 Subang tim-II, Harapan 2 SMKN 1 Ciasem, dan Harapan 3 SMKN Yadika Kalijati.

Sementara itu, untuk kategori Perguruan Tinggi dan Pegiat Lingkungan, Juara 1 didapatkan oleh PEPELING dengan karya Rubah Sampah Menjadi Indah dengan Bank Sampah, Juara 2 Universal Volunteer Indonesia, Juara 3 Saeypudin UNSUB, Harapan 1 Jawara, Harapan 2 Rumah Imut & Bank Sampah Bageur, dan Harapan 3 Aji UNSUB.

Agus Hamdan/JMI/Red.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Maman Imanul HAQ Komisi VIII Fraksi PKB DPR RI, Implementasi UU NO 8 Th 2016 Disabilitas dan Cegah Bencana Alam, Serta Targetkan 100 Kursi di Pileg 2024

Subang JMI - Maman Imanul Haq anggota DPR RI komisi VIIl fraksi PKB, hadir di Subang dalam rangka menghadiri Hari Distabilitas ...