WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Dirut Masmindo dan Bupati Luwu Letakkan Batu Pertama Pembangunan Jembatan Baru Lekopini

Belopa, JMI – Pada Minggu 16/10 Direktur Utama PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) Abidin Daeng Patompo bersama-sama Bupati Luwu Basmin Mattayang melakukan peletakan batu pertama di lokasi pembangunan Jembatan Baru Lekopini di Desa Bonelemo, Kec. Bajo Barat, Kab. Luwu. Acara penting ini turut disaksikan Krtua DPRD Kab.Luwu Rusli Sunali, sejumlah Kepala OPD Kab. Luwu, Camat Bajo Barat, Camat Latimojong, perwakilan Polsek dan Danramil setempat, sejumlah kepala desa, Kepala Teknik Tambang (KTT) Masmindo dan jajaran manajemen Masmindo, serta sejumlah perwakilan awak media. 

Pembangunan Jembatan Baru Lekopini merupakan salah satu komitmen Masmindo dalam pelaksanaan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sejumlah Rp. 67 miliar untuk pembangunan infrastruktur daerah.

Penandatanganan naskah dimaksud telah berlangsung pada 16 Maret 2022 lalu bertempat di Kantor Bupati Luwu disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Luwu, dan jajaran Manajemen Masmindo.

Dana hibah sebesar Rp 67 miliar ini diberikan secara bertahap sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku, khususnya terkait pengelolaan keuangan daerah. Selain memberikan dana hibah, Masmindo juga menyediakan rancangan teknis jalan akses dan jembatan, serta pendampingan teknis selama pekerjaan berlangsung. Selain Jembatan Baru Lekopini, dana hibah ini juga dialokasikan untuk pembangunan dan peningkatan kualitas jalan akses utama antara Belopa – Ranteballa melalui Marinding sepanjang lk. 38 km, serta pembangunan jalan masyarakat antara Boneposi – Kadundung. 

Kerja sama Pemkab Luwu dan Masmindo dalam pembangunan jembatan, jalan masyarakat, dan perbaikan kualitas jalan akses ini terutama akan meningkatkan kemudahan dan kenyamanan transportasi antar-desa di Luwu. Dengan demikian, wilayah Kabupaten Luwu akan semakin terbuka dan berkembang. 

“Masmindo memiliki komitmen untuk tumbuh bersama masyarakat. Pembangunan infrastruktur ini kami harapkan dapat memberikan kontribusi pada aspek transportasi warga, akses logistik dan perekonomian semua pihak di Kabupaten Luwu,” ujar Direktur Utama Masmindo Abidin Daeng Patompo. 

Ditambahkan “Kami memohon doa dan dukungan semua pihak untuk bisa mewujudkan harapan yang telah lama ditunggu agar Tambang Masmindo di Kabupaten Luwu ini dapat segera beroperasi dan mengalirkan manfaat yang lebih banyak lagi bagi warga masyarakat”.  

Dalam kesempatan ini, Bupati Luwu Basmin Mattayang juga menyatakan, ”Kami mengapresiasi inisiatif dan langkah  Masmindo terkait dana hibah ini karena memberikan manfaat yang sangat besar dalam hal peningkatan infrastruktur daerah,“ Tambahnya.

“Saya ingin menegaskan kembali komitmen Pemerintah Kabupaten Luwu untuk mendukung dan menjamin percepatan investasi. Kita semua berharap agar Masmindo dapat segera beroperasi dan memberikan manfaat yang besar bagi warga masyarakat sekitarnya, termasuk dalam hal menyerap tenaga kerja setempat“.
Pembangunan infrastrukur merupakan salah satu fokus Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Masmindo. Secara terus-menerus, Masmindo memberikan kontribusi pada perbaikan infrastruktur di sekitar wilayah operasinya, seperti bantuan pembangunan, perbaikan, dan pemeliharaan sejumlah jalan akses desa di sekitar tambang;  penyiapan dan pembersihan lahan untuk lokasi kantor baru Polsek Bastem; pembangunan SD Boneposi dan Rumah Kader Anak Pintar “Banua Manarang” di Desa To’Barru;  pembangunan sarana air bersih bagi masyarakat di Desa Ranteballa; bantuan pembangunan masjid di desa-desa lingkar tambang serta  bantuan pembangunan rumah pastori-GBIP Ranteballa;  dan pelestarian bangunan adat serta bangunan cagar budaya Luwu. 

Masmindo saat ini terus mempersiapkan diri untuk memasuki tahapan konstruksinya, segera setelah tuntasnya pembebasan lahan.  Tahapan-tahapan konstruksi dan operasi-produksi ke depan diproyeksikan akan lebih banyak lagi mengalirkan sejumlah manfaat bagi warga masyarakat dan para pihak di sekitar perusahaan. 

TENTANG PT MASMINDO DWI AREA

PT Masmindo Dwi Area adalah Pemegang Izin Kontrak Karya sejak 1998 untuk Proyek Awak Mas di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. PT Masmindo Dwi Area berkomitmen menerapkan kaidah pertambangan yang baik dalam operasinya, termasuk pelaksanaan tanggung jawab sosial dan pengelolaan lingkungan, serta memberikan manfaat berkelanjutan bagi para pemangku kepentingannya, khususnya warga masyarakat terdekat wilayah tambang.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi:
Yudhi Purwandi – External Relations Manager
External Affairs Department PT. Masmindo Dwi Area 
Desa Rante Balla, Kecamatan Latimojong
Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan.

M ARIS /JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Maman Imanul HAQ Komisi VIII Fraksi PKB DPR RI, Implementasi UU NO 8 Th 2016 Disabilitas dan Cegah Bencana Alam, Serta Targetkan 100 Kursi di Pileg 2024

Subang JMI - Maman Imanul Haq anggota DPR RI komisi VIIl fraksi PKB, hadir di Subang dalam rangka menghadiri Hari Distabilitas ...