WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Jokowi Beri Pernyataan Lengkap, Usai Bertemu Presiden FIFA di Istana


 

Jakarta, JMI - Presiden Indonesia Joko Widodo telah bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino dalam rangka membahas transformasi sepakbola Indonesia. Berikut pernyataan lengkap orang nomor satu di tanah air tersebut.

Pertemuan Jokowi dan Infantino berlangsung di Istana Negara, Selasa (18/10/2022) siang ini. FIFA hadir langsung untuk membantu Indonesia memperbaiki tata kelola sepakbola Indonesia pasca kericuhan di Kanjuruhan yang merenggut nyawa 133 orang dan melukai ratusan lainnya.

Dalam pernyataannya, Jokowi menyatakan bahwa FIFA mengucapkan belasungkawa kepada para keluarga korban Kanjuruhan. Meski begitu, Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia tahun 2023 tetap aman dan akan terus berlanjut.

Hanya saja, Indonesia dan FIFA telah bersepakat untuk memperbaiki segala aspek yang berkaitan dengan keselamatan dalam pertandingan sepakbola, baik itu untuk pemain maupun penonton. Dengan demikian, turnamen terbesar di kelompok umur itu bisa berjalan aman dan nyaman.

Berikut pernyataan lengkap Jokowi:

Hari ini saya bertemu dengan Presiden FIFA, Mr Gianni Infantino, dan tadi kami telah melakukan pembahasan penting mengenai sepakbola Indonesia pasca tragedi di Malang, 1 Oktober 2022.

Kami berdiskusi secara detail, dan dalam pertemuan itu Presiden FIFA mengungkapkan rasa duka dan simpati mendalam kepada keluarga korban dan menyatakan kepeduliannya atas tragedi yang terjadi.

Kami bersepakat bahwa tragedi ini menjadi pelajaran yang sangat penting bagi persepakbolaan Indonesia dan juga bagi dunia sepakbola. Dan jangan sampai kejadian ini terulang kembali, jangan sampai kegembiraan menonton pertandingan sepakbola berujung duka dan malapetaka.

Kami bersepakat untuk melakukan transformasi sepakbola Indonesia secara menyeluruh, memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA. Baik penonton ataupun pemain harus terjamin keamanan dan keselamatannya.

Untuk itu kami sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion dan menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain.

Pemerintah bersama FIFA juga bersepakat untuk memastikan pertandingan Piala Dunia U-20 di Indonesia dapat berjalan dengan baik. Semua segi persiapan sampai dengan pelaksanaannya harus dipastikan berjalan sesuai dengan standar FIFA dan ditangani secara baik, secara profesional.

Kami juga bersama-sama mengkaji ulang para pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia. Pemerintah bersama dengan FIFA ingin memastikan proses transformasi sepakbola Indonesia berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Dengan demikian mari kita jadikan kesepakatan ini sebagai momentum perbaikan sistem persepakbolaan Indonesia agar sistem persepakbolaan Indonesia menjadi kebanggaan nasional dan tampil lebih baik di masa yang akan datang. Saya kira itu yang ingin saya sampaikan.

 

dtk/jmi/red

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Maman Imanul HAQ Komisi VIII Fraksi PKB DPR RI, Implementasi UU NO 8 Th 2016 Disabilitas dan Cegah Bencana Alam, Serta Targetkan 100 Kursi di Pileg 2024

Subang JMI - Maman Imanul Haq anggota DPR RI komisi VIIl fraksi PKB, hadir di Subang dalam rangka menghadiri Hari Distabilitas ...